Lifestyle
Minggu, 4 Februari 2018 - 12:30 WIB

INFO HIDUP SEHAT : 4 Cara Sederhana Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri sendi (Boldsky)

Info hidup sehat tentang empat cara sederhana yang ampuh meredakan nyeri sendi.

Solopos.com, SOLO – Rasa nyeri pada sendi biasa terjadi pada banyak orang, khususnya yang berusia di atas 50 tahun. Salah satu penyebab rasa nyeri ini adalah terjadinya pengapuran sendi karena faktor usia. Jika sudah begini, Anda disarankan menemui dokter untuk meminta obat atau bahkan suntik.

Advertisement

Sebab, jika dibiarkan rasa nyeri itu akan sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda akan kesulitan bergerak karena rasa sakit yang luar biasa. Tapi, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Mau tahu? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Sabtu (3/2/2018), di bawah ini:

Kompres air dingin

Selain faktor usia, nyeri sendi juga bisa terjadi akibat aktivitas fisik yang terlalu berat. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin atau es batu. Caranya, tempelkan botol berisi air dingin atau bungkus es batu dengan handuk kemudian tempelkan di bagian tubuh yang terasa nyeri. Diamkan selama 15 menit atau sampai rasa nyeri berkurang.

Advertisement

Pijat

Melakukan pemijatan merupakan salah satu cara jitu mengatasi nyeri. Pijat bagian tubuh yang terasa nyeri dengan mengoleskan minyak urut atau balsem. Pemijatan ini mampu mengendurkan otot yang tegang dan merelaksasi saraf. Lakukan pemijatan selama 10 menit atau sampai rasa nyeri berkurang.

Mengoleskan jahe

Advertisement

Jahe merupakan bahan alami yang dipercaya ampuh menghilangkan nyeri. Kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi pada jahe inilah yang membuatnya mampu meredakan nyeri. Anda hanya perlu memarut jahe dan mengoleskannya ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Anda bisa mengikat bagian yang diolesi jahe dengan kain. Cara ini akan membuat parutan jahe tidak berantakan saat Anda bergerak.

Kompres air panas

Tak hanya air dingin, mengompres lutut dengan air panas juga bisa meredakan nyeri. Anda juga bisa merendam kaki dengan air hangat untuk menghilangkan rasa nyeri yang amat menyakitkan itu. Tempelkan botol berisi air panas di bagian lutut yang nyeri dan rendam telapak kaki dengan air hangat selama 15 menit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif