Lifestyle
Sabtu, 3 Februari 2018 - 05:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Cermati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kolesterol Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres (Boldsky)

Info hidup sehat kali ini tentang lima kebiasaan buruk yang menyebabkan kolesterol meningkat.

Solopos.com, SOLO – Kolesterol jahat ibarat tamu yang tak ingin ditemui karena berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagian besar orang tak menginginkan kehadiran kolesterol jahat apalagi jika kadarnya meningkat secara tiba-tiba.

Advertisement

Kadar kolesterol yang tinggi memicu munculnya beragam penyakit pada tubuh. Biasanya, peningkatan kolesterol ini dikaitkan dengan makanan. Padahal, tidak hanya makanan yang menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Mau tahu apa saja yang membuat koleterol dalam tubuh melonjak drastis? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Jumat (2/2/2018), di bawah ini:

Makan daging

Advertisement

Makan daging

Kebanyakan makan daging khususnya ayam dan sapi yang berlemak tinggi membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat. Lemak yang tidak sehat ini juga akan ditimbun dan membuat berat badan meningkat. Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi daging. Imbangilah konsumsi daging dengan bahan makanan lain yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kelapa.

Diet rendah kalsium

Advertisement

Makan roti

Roti merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Makanan yang satu ini umumnya dianggap sebagai camilan daripada pengganti nasi. Bagi Anda yang gemar menyantap roti harus lebih berhati-hati. Sebab, makan roti berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol.

Stres

Advertisement

Selain makanan, stres ternyata juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Pikiran yang kacau membuat seseorang menjadi tidak terkendali. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang akhirnya meningkatkan kadar kolesterol.

Malas olahraga

Malas berolahraga ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tubuh yang jarang bergerak biasanya akan lebih banyak menimbun lemak. Lama-kelamaan, timbunan lemak itu berubah menjadi kolesterol jahat yang memicu beragam penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

Advertisement

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Mulai sekarang, coba tinggalkanlah kebiasaan buruk itu dan terapkanlah pola hidup sehat dengan rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan bergizi.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif