Soloraya
Sabtu, 27 Januari 2018 - 09:00 WIB

Viral di Medsos, Kursi Seng Kismantoro Wonogiri Dijual Rp300.000/Unit, Minat?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sunardi mengamati kursi seng jadul miliknya di depan rumahnya di Crabak RT 003/RW 003, Gambiranom, Kismantoro, Wonogiri, Kamis (25/1/2018). (Istimewa)

Kursi seng Kismantoro Wonogiri menjadi viral di Medsos gara-gara dipakai model Korea Selatan.

Solopos.com, WONOGIRI — Kursi seng bekas bertuliskan Sekar Tanjung Kismantoro Wonogiri digunakan sebagai properti oleh model cilik beken Korea Selatan (Korsel) Lee Eun Chae.

Advertisement

Kursi asal Wonogiri jadi properti model cilik Korea Selatan (Instagram)

Pemilik kursi Sekar Tanjung Kismantoro, Sunardi, 59, akan menyimpan sisa kursi yang dimilikinya untuk kenang-kenangan. Namun, warga Crabak RT 003/RW 003, Gambiranom, Kismantoro itu akan melepasnya jika ada orang yang berani membeli Rp300.000/unit.

Advertisement

Pemilik kursi Sekar Tanjung Kismantoro, Sunardi, 59, akan menyimpan sisa kursi yang dimilikinya untuk kenang-kenangan. Namun, warga Crabak RT 003/RW 003, Gambiranom, Kismantoro itu akan melepasnya jika ada orang yang berani membeli Rp300.000/unit.

Seperti diketahui, kursi seng bekas milik Sunardi dikenal luas setelah beredar foto seorang remaja perempuan asal Korea menggunakan kursi tersebut untuk properti pemotretannya.

Remaja itu disebut sebagai anak tercantik di Korea bernama Lee Eun Chae. Kursi seng jadul berwarna hitam kombinasi oranye itu bertuliskan, Sekar-Tanjung, Kismantoro. Sekar Tanjung merupakan nama usaha persewaan milik Sunardi yang didirikan sejak 1995 silam.

Advertisement

Kepada Solopos.com, Jumat (26/1/2018), menyampaikan dia tak menjual seluruh kursinya. Dia menjual 740 unit dari total 750 unit kursi miliknya. Sebanyak 10 unit sisanya akan disimpan untuk kenang-kenangan. Kursi tersebut menjadi saksi bisu perjuangan Sunardi saat merintis usaha persewaan perlengkapan pesta. Setelah beredar kabar kursi miliknya sampai di Korea, Sunardi semakin sayang dengan sisa kursi miliknya.

“Tapi kalau ada yang mau membeli Rp300.000/unit, saya lepas,” kata Sunardi.

Dia tak menyangka ternyata ada orang yang bersedia membeli kursi klasik miliknya, satu setengah tahun lalu. Bahkan, harganya lebih tinggi dibanding harga beli. Dia menjual seharga Rp30.000/unit-Rp35.000/unit tergantung kondisi kursi.

Advertisement

Tarif Sewa Murah

Sunardi duduk di kursi gembreng miliknya (Kiri) – Model cilik Korsel berfoto dengan kursi Sunardi. (Rudi H/JIBI/Solopos/Instagram)

Dahulu dia membelinya Rp13.000/unit. Sunardi menyebut meski sudah sering dipakai tapi kondisi kursinya masih kokoh dan bagus. Dahulu kursinya sering disewa untuk berbagai hajatan. Sunardi menyewakannya satu paket dengan sound system, tenda dengan atap seng, dan perlengkapan lainnya.

Advertisement

“Dulu tarif sewa satu paket alat masih murah, hanya Rp600.000,” imbuh Sunardi.

Dia seperti tak percaya kursi klasik yang dijualnya kepada seorang lelaki yang suka barang bekas asal Gesing, Kismantoro, Misni, sampai Korea. Dia sangat senang kini nama usaha dan nama kecamatannya kini dikenal masyarakat luas. Sunardi berharap hal tersebut berdampak positif pada usahanya.

“Mudah-mudahan nama Wonogiri juga ikut terangkat,” ulas Sunardi.

Sebelumnya, kursi klasik yang telah sampai Korea tersebut menjadi aset usaha Sunardi sejak usaha didirikan. Semula dia membeli sebanyak 300 unit lalu berkembang menjadi 1.000 unit. Seiring berjalannya waktu kursi tinggal 750 unit.

Seluruh kursi diberi dicat dengan warna sama dan diberi tulisan yang sama pula. Seiring berkembangnya zaman kursi tersebut tak lagi diminati masyarakat sejak enam tahun lalu. Sejak saat itu Sunardi menyimpannya di gudang. Sekitar satu setengah tahun lalu dia menjual 740 unit kursinya itu, sedangkan 10 unit lainnya disimpan.

Pembeli kursi, Misni, mengaku menjual seluruh kursi milik Sunardi yang dibelinya kepada pengepul di Bali. Pengepul itu menjual barang-barang bekas ke luar negeri. Atas hal itu dia berpendapat tak mustahil jika kursi Sunardi sampai di Korea.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif