JIBIPhoto
Ilustrasi pemakaian hard disk eksternal dan laptop (Pinterest)

TIPS KOMPUTER
Simak! Ini 4 Cara Rawat Hard Disk Eksternal

Tips komputer kali ini tentang empat cara merawat hard disk eksternal agar awet.

Solopos.com, SOLO – Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang sangat penting di zaman modern. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer menjadi sahabat banyak orang. Tak cuma pegawai, para pelajar pun membutuhkan komputer untuk mempermudah mengerjakan tugas.

Selain itu, komputer dan laptop biasanya dipakai untuk menyimpan beragam data penting. Namun, seiring dengan berjalannya waktu orang membutuhkan alat penyimpanan data yang praktis. Biasanya, kebanyakan orang mengandalkan flashdisk sebagai sarana menyimpan data. Namun, bentuknya yang kecil dan kapasitas terbatas membuat flashdisk kurang diminati.

Kini, ada perangkat penyimpanan data elektronik yang tengah digandrungi, yakni hard disk eksternal. Berbeda dengan flashdisk yang kecil, hard disk eksternal memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, ruang penyimpanannya juga jauh di atas flashdisk. Hal inilah yang membuat hard disk eksternal lebih diminati ketimbang flashdisk.

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan betul perawatan hard disk eksternal agar tidak cepat rusak. Mengigat harga harddisk eksternal yang cukup mahal, Anda tentu ingin benda itu awet bukan? Mau tahu cara memakai dan merawat hard disk eksternal agar awet? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Hacker, Sabtu (13/1/2018), di bawah ini:

Jangan asal cabut kabel penghubung

Hampir semua pakar teknologi menyarankan seseorang menggunakan fasilitas safely remove hardware sebelum memutus hubungan antara hard drive dengan komputer. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada piringan hard drive.

Scan secara berkala

Lakukan pembersihan hard disk eksternal dari virus minimal sebulan sekali. Cara ini membuat hard disk eksternal lebih awet. Selain itu, scan menghindarkan serangan virus yang akan merusak data.

Letakkan di permukaan datar

Letakkan hard disk eksternal di permukaan yang datar ketika hendak dipakai. Hal ini akan meringankan kerja platter dan jarum magnet yang ada di dalamnya. Jika ditaruh di permukaan yang bergelombang, jarum magnet akan bergerak menjauh dari platter dan membuat data tidak dapat terbaca.

Jaga suhu hard disk

Suhu komputer yang sedang dipakai biasanya meningkat. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan betul suhu di ruangan agar komputer tidak menjadi semakin panas. Jika ruangan tidak dilengkapi AC, ada baiknya Anda menggunakan pendingin khusus untuk komputer. Selain itu, jangan pernah hubungkan hard disk eksternal saat suhu komputer naik. Sebab, hard disk akan ikut panas yang membuat kinerjanya berkurang.

Meski sudah melakukan berbagai hal di atas, Anda juga harus ingat bahwa tidak ada perangkat elektronik yang awet seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memindah data ke perangkat lain secara berkala untuk berjaga-jaga jika perangkat itu tiba-tiba rusak.

Jika hard disk sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, sebaiknya jangan dipaksa untuk terus dipakai. Sebaiknya gantilah dengan yang baru agar data Anda tetap aman. Anda bisa membelinya di situs belanja online yang aman dan terpercaya seperti Tokopedia.

Selain hard disk eksternal, Anda juga bisa beli VGA card dengan harga yang bersahabat. Ada banyak promo yang bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di Tokopedia. Tunggu apalagi, pengin belanja online aman dan nyaman? #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

 

lowongan pekerjaan
Jurnalis,Desain Grafis,Video grapher, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Pakar IT Prediksikan Tren Marketplace Tinggal 10 Tahun Lagi

JIBIPhoto

FASHION WANITA
Ladies, Ini 5 Outfit Bakal Ngehits Pada 2018

JIBIPhoto

Ini 3 Kesalahan Fatal Pemakaian Laptop

JIBIPhoto

Chatting dan Belanja Kini Bisa Dilakukan dalam Satu Aplikasi

JIBIPhoto

TIPS FASHION
Yuk Tebak Kepribadian Wanita Lewat Tas Favorit

JIBIPhoto

Pengin Info Kecantikan Terkini? Yuk Ikut Beauty Fest Asia 2018

JIBIPhoto

Isi Voucher Game Online Tanpa Ribet? Di Sini Tempatnya