Teknologi
Selasa, 23 Januari 2018 - 21:45 WIB

FENOMENA ALAM : Gerhana Bulan Total Terjadi 31 Januari 2018

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Fenomena alam gerhana Bulan total terjadi pada 31 Januari 2018.

Solopos.com, SOLO – Fenomena alam menarik akan terjadi di Indonesia. Di akhir Januari 2018, seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan gerhana Bulan total.

Advertisement

Menurut keterangan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, gerhana Bulan total akan terjadi pada 31 Januari 2018. Proses dari fenomena alam itu sendiri berlangsung mulai petang.

“Gerhana Bulan total 31 Januari akan terlihat di seluruh Indonesia. Proses gerhana mulai pukul 18:48 WIB. Gerhana Bulan total pukul 19.52 – 21:08 WIB,” kata Thomas kepada Okezone, Selasa (23/1/2018).

Gerhana Bulan kali ini menarik, karena jarak antara bulan dengan bumi terbilang dekat. Alhasil gerhana bulan total ini disebut Supermoon.

Advertisement

Dijelaskan Thomas, seluruh masyarakat di wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana Bulan total. Fenomena ini diperkirakan berakhir pada pukul 22.11 WIB.

Meski gerhana bulan yang akan berlangsung 31 Januari ini secara total, Thomas menyebut tak ada dampaknya jika masyarakat melihatnya dengan mata telanjang. Pasalnya, melihat gerhana Bulan total sama dengan melihat bulan purnama.

“Tidak ada dampaknya, karena melihat gerhana bulan sama dengan melihat purnama,” ujar Thomas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif