Soloraya
Sabtu, 20 Januari 2018 - 10:15 WIB

Besok OP di Pasar Tawangsari Sukoharjo, Beras Dijual Rp9.100/Kg

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok beras. (Dok/JIBI/Solopos).

OP beras dilaksanakan di pasar Tawangsari Minggu (21/1/2018).

Solopos.com, SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo dan Perum Bulog Sub Divre III bakal menggelar operasi pasar (OP) untuk mengendalikan kenaikan harga beras di sekitar Pasar Tawangsari, Minggu (21/1/2018). Jumlah beras yang disiapkan sebanyak 10 ton dengan harga Rp9.100 per kilogram (kg).

Advertisement

Pemkab Sukoharjo dan Perum Bulog melakukan rapat koordinasi (rakor) untuk membahas pelaksanaan OP di Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (19/1/2018).

“Ada yang berukuran lima kg, 10 kg hingga 25 kg. Kami menyiapkan 10 ton beras saat OP pada Minggu pagi,” Kepala Gudang Bulog Telukan, Wisnu Sancoyo, Jumat.

Saat ini, harga beras medium di sejumlah pasar tradisional di atas Rp11.000 per kg. Padahal, harga eceran tertinggi (HET) beras yang ditetapkan pemerintah pusat hanya Rp9.450 per kg. Artinya, harga beras di pasaran melebihi HET.

Advertisement

“Pembelian beras saat OP tak dibatasi, silakan mau membeli lima kg atau 25 kg. Harga beras dijual di bawah HET beras yang ditetapkan pemerintah,” ujar dia

Menurut Wisnu, OP beras itu kali pertama digelar di Sukoharjo. Sutarmo belum dapat memastikan apakah beras 10 ton habis terjual atau tidak saat OP. Namun, ia meyakini masyarakat bakal membeli beras saat OP lantaran harganya jauh lebih murah dibanding di pasaran.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo, Sutarmo, mengungkapkan sesuai instruksi Kementerian Perdagangan (Kemendag) tentang Pelaksanaan Stabilisasi Harga dan Pasokan Beras Medium. Hal ini untuk menstabilkan harga komoditas pangan itu yang tak terbendung selama beberapa pekan ini.

Advertisement

“Saya bakal berkoordinasi kembali dengan Bulog apakah harus menambah lokasi OP atau tidak. Jika permintaan beras dari masyarakat tinggi bisa jadi lokasi OP ditambah pada akhir Januari atau Februari,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif