Sport
Jumat, 19 Januari 2018 - 23:25 WIB

TRANSFER PEMAIN : Goretzka Pilih Bayern Munchen

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Leon Goretzka (kanan) saat melawan Australia. (JIBI/REUTERS/Carl Recine)

Transfer pemain diwarnai dengan Leon Goretzka yang memilih bergabung dengan Bayern Munchen.

Solopos.com, MUNICH — Bayern Munchen sangat agresif dalam bursa transfer Januari 2018 ini. Setelah mendatangkan striker Sandro Wagner, mereka mendapat tanda tangan gelandang eksplosif dari Schalke, Leon Goretzka. Namun anggota Timnas Jerman itu baru bisa bergabung dengan Bayern pada Juli 2018.

Advertisement

Gelandang berusia 22 tahun ini menjadi buruan klub-klub besar Eropa setelah membawa Jerman menjuarai Piala Konfederasi 2017 dan membantu Schalke finis di posisi ketiga Bundesliga Jerman musim lalu. Selain Bayern, Goretzka sempat diincar Real Madrid, Barcelona, Manchester United, dan Liverpool. Namun sang pemain akhirnya memilih merapat ke Allianz Arena dengan kontrak hingga 2022.

CEO Schalke, Christian Heidel, mengaku berat melepas salah satu pemain andalannya ke tim rival. Namun Goretzka berkeras ingin pindah ke Bayern sehingga tim mengizinkannya. Tidak disebutkan berapa nilai transfer yang diberikan Die Roten dalam kesepakatan tersebut. “Kami kehilangan pemain yang sangat, sangat bagus,” ujar Heidel seperti dilansir ESPN, Jumat (19/1/2018).

Pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai cara agar talenta terbaiknya itu tak hijrah ke Bayern. Namun Schalke setidaknya tak terlalu rugi karena masih bisa menggunakan jasa Goretzka hingga akhir musim.

Advertisement

Sang pemain memutuskan tetap berada di Gelsenkirchen hingga musim panas 2018 untuk mengembangkan permainannya. “Sudah ada persetujuan dengan dia dan penasihatnya. Goretzka masih di sini sampai musim panas,” ujar Heidel.

Selama lima musim membela Schalke, Goretzka telah menyumbang 14 gol di Bundesliga Jerman. Musim ini dia telah mengoleksi empat gol dari 11 penampilannya di kompetisi domestik dan menjadi top scorer kedua klub setelah striker Guido Burgstaller (7 gol).

Pelatih Schalke, Domenico Tedesco, mengaku kecewa dengan kepergian Goretzka. Namun dia berharap fans tetap mendukung sang pemain hingga akhir musim. “Dia profesional dan akan memberikan segalanya bagi Schalke. Kami harap tak ada reaksi buruk dari fans akhir pekan ini.”

Advertisement

Sementara itu CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, kegirangan dengan kehadiran Goretzka. Die Roten memang berambisi mengumpulkan pemain-pemain Timnas Jerman ke dalam klub. “Dia pemain internasional Jerman dengan potensi, dia sudah memutuskan [bergabung Bayern Munich],” ujarnya dilansir Bundesliga. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif