Jogja
Jumat, 19 Januari 2018 - 10:40 WIB

Kekurangan Anggota, Tiga Partai Baru Tak Penuhi Syarat Pemilu 2019

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Partai diminta perbaiki dokumen persyaratan.

Harianjogja.com, JOGJA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja melansir tiga partai politik calon peserta pemilu 2019 belum memenuhi persyaratan. Ketiga partai baru tersebut diminta memperbaiki dokumen.

Advertisement

“Sampai hari ini [kemarin] ketiga partai itu belum menyerahkan dokumen perbaikan,” kata Ketua KPU Kota Jogja, Wawan Budianto, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (18/1/2018).

Ketiga partai itu, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Berkarya, dan Garuda. PSI yang diverifikasi faktual pertama kali diberikan waktu perbaikan sampai 20 Januari. Sementara Garuda dan Berkarya masa perbaikan sampai 3 Februari (bukan 26 Januari seperti tertulis sebelumnya).

Wawan berujar kekurangan dari tiga partai itu hampir sama, yakni soal jumlah keanggotaan yang ditemukan tidak memenuhi syarat (TMS) saat proses verifikasi faktual. Sehingga jumlah keanggotaannya masih belum mencukupi syarat minimal 10% dari jumlah penduduk Jogja 410.262 jiwa.

Advertisement

Dalam verifikasi faktual, KPU mengambil sampel 10% dari total keanggotaan yang diserahkan masing-masing partai. Dengan demikian, jika ada kekurangan satu anggota partai yang tidak memenuhi syarat, maka partai diminta mencarikan 10 anggota baru atau berbeda dengan daftar anggota yang sudah diserahkan ke KPU.

Sementara soal kesekretariatan, jumlah keterwakilan perempuan 30% dalam kepengurusan partai, diakui Wawan, sudah terpenuhi. Saat ini baru Perindo yang sudah memenuhi syarat administrasi sebagai calon peserta pemilu.

Wawan mengatakan setelah tiga Februari nanti tidak ada lagi waktu perbaikan. “Apapun hasilnya akan kami serahkan kepada KPU RI yang memutuskan. Kami hanya bertugas memeriksa kelengkapan berkas,” tukas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif