Soloraya
Jumat, 19 Januari 2018 - 16:30 WIB

Inilah Wajah Baru Eks PG Colomadu yang Berganti Nama De Tjolomadoe

Redaksi Solopos.com  /  Farida Trisnaningtyas  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menyelesaikan proyek revitalisasi Pabrik Gula, Colomadu, Karanganyar, Kamis (18/1/2018). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Eks PG Colomadu berganti nama menjadi De Tjolomadoe.

Solopos.com, KARANGANYAR—Eks Pabrik Gula (PG) Colomadu, Karanganyar, bakal mencatat sejarah pada Sabtu, 24 Maret 2018 mendatang. PT PP Properti selaku penanggung jawab revitalisasi bersama tiga BUMN lainnya PT Pembangunan Perumahan (PP), Taman Wisata Candi, dan Jasa Marga Properti akan merilis bangunan baru bekas PG Colomadu yang rencananya dinamai De Tjolomadoe.

Advertisement

Konser besar bersama deretan musikus internasional menjadi titik awal De Tjolomadoe. Rajawali Indonesia selaku consultant event memastikan penyanyi yang datang adalah Hitman David Foster and Friends menggandeng Brian McKnight dan Anggun C Sasmi.

Pentas kelas dunia itu akan digelar di convention hall. Lokasinya berada di sisi belakang, samping multifunction hall yang bisa disewa sebagai gedung pernikahan dan event besar lainnya. Masing-masing berkapasitas maksimal 3.000 orang.

Advertisement

Pentas kelas dunia itu akan digelar di convention hall. Lokasinya berada di sisi belakang, samping multifunction hall yang bisa disewa sebagai gedung pernikahan dan event besar lainnya. Masing-masing berkapasitas maksimal 3.000 orang.

Menyaksikan panggung kesenian di eks PG Colomadu akan menjadi perjalanan wisata heritage yang menyenangkan. Solopos.com menelusuri area tersebut ditemani perwakilan dari PP Properti, Kamis (18/1/2018). Begitu memasuki pintu utama, pengunjung akan melewati mesin pabrik gula peninggalan Belanda yang aktif digunakan era 1990-an. Ada penggilingan, stasiun penguapan, juga bekas rel lori pengangkut tebu zaman dulu.

Dinding-dinding dicat ulang, sementara lantai menggunakan tegel asli. Pemilihan tegel untuk mendukung gaya klasik bangunan. Sedangkan bagian atap dibuat seperti aslinya, kecuali area hall.

Advertisement

Linda menjelaskan bangunan yang digadang-gadang menjadi culture centre tersebut diharapkan menjadi panggung kebudayaan level internasional. Tak heran pentas perdana mereka saat launching menghadirkan para musikus dunia. Selanjutnya kemungkinan besar akan menggelar konser serupa dengan genre berbeda. Juga mendatangkan artis-artis papan atas di tingkat nasional.

”Kami sudah kontrak promotor penyanyi luar negeri untuk 24 Maret mendatang. Jadi itu sudah dipastikan jadi konsernya. Setelah itu akan ada konser-konser lainnya lagi, tapi dengan genre berbeda,” kata Linda.

Sebelumnya, General Manager Rajawali Indonesia, Tovic Raharja, saat dihubungi Solopos.com via fasilitas perpesanan Whatsapp, Rabu (17/1/2018), memastikan rencana konser David Foster di eks PG Colomadu. Pemesanan tiket konser David Foster di eks Pabrik Gula Colomadu bisa dilakukan melalui tiketapasaja.com. Dia menginformasikan harga tiket terendah Rp500.000 dan tertinggi Rp5 juta.

Advertisement

Tak hanya seniman internasional, tempat tersebut juga diperuntukkan bagi panggung lokal. Linda mengundang komunitas maupun seniman Solo untuk turut bergabung meramaikan bekas pabrik gula di perempatan Colomadu itu.

Revitalisasi eks PG Colomadu tahap satu dibangun di atas lahan enam hektare. Selain hall dan museum mereka membangun artist room, merchandise shop, dan cafe & resto dalam satu kawasan. Juga ada sunken atau public area yang terletak di halaman utama. Sunken berada di area tak berbayar sehingga pengunjung bisa mampir untuk sekadar jalan-jalan atau swafoto.

Aktivitas revitalisasi bangunan bekas PG Colomadu kian ditingkatkan beberapa hari terakhir. Semula revitalisasi digarap sejak pagi hingga pukul 22.00 WIB, sekarang jam kerja ditambah dua jam.

Advertisement

”Semua pekerjaan revitalisasi kami tingkatkan intensitasnya. Ditambah dua jam lagi sehingga akan ada dua sif pekerja,” kata penanggung jawab dari PT Sinergi Colomadu, Edison Suardi, yang ketika ditemui Solopos.com, Rabu, sedang bersama Marketing Communication Manager PT Sinergi Colomadu, Agung Dewantoro. Solopos.com menemui mereka seusai acara sosialisasi di Kantor Kecamatan Colomadu.

Menurut Edison, publikasi rencana konser David Foster menunjukkan sudah ada kepastian konser tersebut. Pada Rabu, ia mengumpulkan seluruh personel yang berkompeten untuk merespons kabar terakhir di media sosial tersebut. Teknis revitalisasi sekarang dengan pekerja berjumlah 400 orang, menurut Edison, telah selaras dengan target pekerjaan harus selesai pada Maret.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif