Jateng
Kamis, 18 Januari 2018 - 13:50 WIB

MOTOR HONDA : Pasar Motor Lesu, Honda Tetap Optimistis Jual Produk Baru

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan motor Honda saat acara pameran atau roadshow. (Istimewa/Astra Motor Jateng)

Motor Honda, penjualannya terus mengalami pertumbuhan meskipun pasar tengah lesu.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pasar sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan sepanjang 2017 lalu. Meski demikian, kondisi pasar yang lesu itu tak membuat Astra Honda Motor, selaku produsen sekaligus distributor sepeda motor Honda di Indonesia pesimistis.

Advertisement

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) 2017, penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan sekitar 0,8% dibanding tahun 2016. Jika pada tahun 2016 total ada sekitar 5.931.285 unit sepeda motor berbagai mereka yang terjual, maka jumlah itu menurun pada 2017, yakni sekitar 5.886.102 unit.

Kendati pasar sepeda motor nasional mengalami penurunan, hal itu sepertinya tidak berlaku bagi Honda. Sepanjang 2017, penjualan sepeda motor Honda tetap mengalami pertumbuhan dari 4.380.888 unit menjadi 4.385.888 unit.

Naiknya penjualan sepeda motor Honda itu tak terlepas dari banyaknya model baru yang dikeluarkan pabrikan asal Jepang itu. Tercatat, selama 2017 ada sekitar 28 model baru yang diluncurkan Honda mulai dari Honda CRF series, Honda CMX 500 Rebel, Honda SH150i, Honda Scoopy, hingga varian-varian baru dari model-model lama seperti Honda Beat dan Honda Vario.

Advertisement

Model-model baru yang diluncurkan Honda itu pun cukup laris dipasaran. Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, motor-motor baru Honda itu terjual sekitar 1.918.584 unit atau memberikan kontribusi sekitar 43% dari total penjualan Honda selama 2017.

Dari total penjualan yang diraih Honda, motor jenis skuter matik (skutik) masih yang terbesar dalam memberikan kontribusi dengan sekitar 3.781.777 unit. Setelah skutik, kontribusi terbesar kedua diraih motor Honda jenis cube atau bebek yang mampu terjual 351.059 unit. Sedangkan, motor kelas sport memberikan kontribusi penjualan sekitar 253.052 unit.

Deputy General Manager Sales Division AHM, Didi Kwok, mengatakan pasar sepeda motor yang belum membaik pada tahun lalu tidak membuat AHM berhenti berinovasi. Hal ini ditunjukkan AHM dengan meluncurkan 28 produk baru sepanjang 2017.

Advertisement

“AHM memiliki komitmen kuat untuk senantiasa menemani aktivitas maupun gaya hidup pecinta motor dengan pilihan sepeda motor yang paling sesuai dengan karakter setiap konsumen. Kami melengkapi pilihan produk ini dengan layanan terbaik sehingga konsumen percaya dan memilih Honda sebagai teman berkendara. Terima kasih atas kepercayaannya. Kami berharap kepercayaan konsumen ini akan terus berlanjut di tahun ini,” tulis Didi dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Rabu (17/1/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif