Jatim
Kamis, 18 Januari 2018 - 20:05 WIB

Menperin Dorong PT Inka Madiun Beli Komponen KA dari IKM Ceper Klaten

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan sambutan dalam kunjungannya di PT Inka, Kamis (18/1/2018). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Menperin Airlangga Hartarto meminta PT Inka Madiun membeli produk komponen kereta api dari IKM lokal.

Madiunpos.com, MADIUN — Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meminta kepada PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun untuk terus membeli komponen yang dibuat industri kecil dan menengah (IKM) logam di Ceper, Klaten, Jawa Tengah.

Advertisement

“Catat! PT Inka tidak boleh melupakan perkumpulan industri kecil komponen kereta api di Ceper, Klaten. Kalau tidak kepada Inka, kepada siapa lagi mereka akan menjual komponen yang diproduksi?” kata Airlangga saat mengunjungi PT Inka di Kota Madiun, Kamis (18/1/2018).

Kemenperin, tegas dia, mendukung sepenuhnya produksi PT Inka. Apalagi saat ini PT Inka sudah merambah pasar luar negeri mulai Bangladesh, Filipina, Thailand, Nigeria, dan beberapa negara lain.

Airlangga meminta PT Inka menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kereta api dari perusahaan dalam negeri. Misalnya baja dari PT Krakatau Steel, PT Inalum, dan perusahaan lain.

Advertisement

Menurut dia, industri kereta api ini harus didorong begitu juga dengan moda transportasi lain. Dia berharap Pulau Bali juga bisa dikembangkan untuk moda transportasi kereta api sehingga ada kepastian untuk industri ini.

“Pasar Asia itu luas. Saya yakin pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Teknologi perkeretaapian sudah kita kuasai,” jelas dia.

Dalam kunjungannya di PT Inka, Airlangga Hartarto bersama Menko Bidang Kemaritiman serta sejumlah pejabat negara lainnya menandatangani sejumlah kontrak kerja sama. Kontrak yang ditandatangani antara lain pengadaan LRT Jabodetabek, pengadaan material dan komponen kereta api, dan program lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif