Lifestyle
Senin, 15 Januari 2018 - 06:00 WIB

Simak! 4 Hal Ini Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres akibat pandemi. (Premedlife.com)

Inilah empat hal yang membuat tagihan listrik membengkak.

Solopos.com, SOLO – Pencabutan subsidi listrik membuat pengeluaran membengkak. Sebab, membayar listrik adalah pengeluaran wajib yang harus dikeluarkan setiap bulan. Kadang, pemakaian listrik yang tidak terkontrol membuat jumlah yang harus Anda bayarkan bertambah.

Advertisement

Sebenarnya, besarnya tagihan yang dibayarkan bukan hanya disebabkan tarif dasar listrik yang terus meningkat. Anda perlu menyadari ada berbagai kebiasaan salah yang mengakibatkan pemborosan listrik. Mau tahu apa saja hal buruk yang membuat tagihan listrik membengkak? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Savewithsrp, Senin (8/1/2018), di bawah ini:

Membiarkan lampu terus menyala

Advertisement

Membiarkan lampu terus menyala

Lampu yang terus-menerus dinyalakan ternyata membuat pemakaian listrik bertambah. Kebiasaan inilah yang membuat jumlah tagihan Anda meningkat. Jika memang tidak diperlukan, sebaiknya matikan lampu. Sebagai gantinya, Anda bisa membuka jendela dan gorden di siang hari agar cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan.

Memakai pendingin ruangan

Advertisement

Tidak mencabut charger ponsel

Charger ponsel yang tidak dicabut dari colokan setelah selesai digunakan memakan daya sebesar satu watt setiap harinya. Meski sangat sepele, hal ini merupakan salah satu kebiasaan pemborosan listrik yang dilakukan banyak orang. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mulai sekarang sebaiknya hentikanlah kebiasaan itu.

Tidak pernah mematikan penanak nasi  

Advertisement

Menanak nasi menggunakan rice cooker memang membantu meringankan pekerjaan. Anda hanya perlu  mencuci beras dan menambahkan air sesuai takaran ke dalam rice cooker dan menunggunya sampai matang. Nah, masalahnya setelah matang biasanya kebanyakan orang membiarkan rice cooker tetap menyala dengan tujuan menjaga nasi tetap hangat. Namun, ternyata kebiasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab tagihan listrik membengkak.

Itulah beberapa hal yang membuat biaya tagihan listrik Anda naik. Guna mengantisipasinya, Anda bisa mengecek tagihan bulanan secara online. Sekarang banyak situs jual beli online yang menyediakan fitur cek tagihan listrik di sini, salah satunya Tokopedia. Selain mengecek, Anda juga bisa sekaligus membayar tagihan listrik tersebut.

Setiap bulannya Anda akan mendapatkan pemberitahuan soal jumlah tagihan yang harus dibayarkan melalui e-mail. Membayar tagihan listrik di Tokopedia memberikan banyak keuntungan, seperti mendapat voucher belanja.

Advertisement

Anda bisa memakai voucher itu untuk membeli berbagai benda yang diperlukan di kumpulan online shop terlengkap se-Indonesia ini. Tunggu apalagi, bayar listrik sekaligus belanja hemat #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif