Jatim
Minggu, 14 Januari 2018 - 14:05 WIB

LONGSOR PACITAN : Jalur Pacitan-Ponorogo Putus akibat Tebing Longsor di Tegalombo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas melihat kondisi tanah longsor di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (13/1/2018) malam. (Istimewa/BPBD Pacitan)

Longsor Pacitan, jalur Pacitan-Ponorogo di Desa Gemaharjo tertutup longsor.

Madiunpos.com, PACITAN — Jalur utama Pacitan-Ponorogo terputus akibat tanah longsor terjadi di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 21.15 WIB. Jalan tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Advertisement

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Windarto, mengatakan hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Tegalombo mulai pukul 18.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 21.45 WIB tebing di Dusun Dondong longsor sepanjang 20 meter dan lebar 20 meter.

“Terjadi longsor di jalan Pacitan-Ponorogo tepatnya di jalan baru Desa Dondong. Jalan yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo tertutup longsoran dan tidak bisa dilintasi kendaraan,” ujar dia, Minggu (14/1/2018).

Windarto menyampaikan material longsoran menutupi seluruh badan jalan. Jalur Pacitan-Ponorogo untuk sementara dialihkan melalui akses jembatan bailey (jembatan rangka baja yang bisa dibongkar pasang untuk keadaan darurat). Namun, kendaraan roda enam maupun bus besar tidak diperbolehkan lewat.

Advertisement

Arus lalu lintas di jalan tersebut juga diatur dengan sistem buka tutup. “Kendaraan roda enam maupun kendaraan dengan muatan di atas 10 ton tidak boleh melintas,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif