JIBIPhoto
Ilustrasi rekayasa arus lalu lintas (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

LALU LINTAS BOYOLALI
Catat! 2 Ruas Jalan Dijadikan Satu Arah

Lalu lintas Boyolali dilakukan penataan. Dua jalan akan dijadikan satu arah.

Solopos.com, BOYOLALI — Pemkab Boyolali berencana menjadikan Jl. Cendana dan Jl. Perintis Kemerdekaan menjadi satu arah. Saat ini Pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) masih melakukan kajian dan koordinasi dengan pihak terkait untuk merealisasikan rencana tersebut.

Jl. Cendana sepanjang 1,6 km membentang dari kawasan Terminal Boyolali hingga Jl. Boyolali-Magelang. Jalan tersebut merupakan lanjutan dari Jl. Perintis Kemerdekaan (biasa disebut jalan lingkar selatan) yang didominasi mobil dan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Saat ini di Jl. Cendana berlaku dua arah. Dari arah selatan ke utara untuk semua jenis kendaraan, sedangkan dari arah sebaliknya (utara ke selatan) hanya berlaku untuk kendaraan roda dua. Pemberlakukuan satu arah yang sedang dikaji penerapannya adalah dari arah selatan ke utara.

Kepala Dinas Boyolali Untung Raharjo mengatakan, salah satu pertimbangan rencana penerapan satu arah ini adalah keamanan pengguna jalan. “Ada masukan dari masyarakat dan juga pertimbangan dari kami bahwa Jl. Cendana akan kami jadikan satu arah, yaitu dari selatan ke utara karena pertimbangan keamanan dan keselamatan bersama,” ujarnya di Boyolali, Jumat (12/1/2018).

Menurutnya, kendaraan-kendaraan dari arah selatan menuju utara sering menggunakan dua lajur. Mereka kerap saling mendahului tanpa menghiraukan sepeda motor dari arah depannya. Akibatnya, pengendara sepeda motor dari arah berlawanan itu kerap harus mengalah turun dari jalan untuk menghidari kecelakaan.

Sementara itu, kajian serupa juga akan dilakukan terhadap Jl. Perintis Kemerdekaan. Utamanya ruas timur SMA BK ke arah utara hingga pertigaan Tugu Sapi. Jalur tersebut selama ini bisa digunakan untuk melintas pengguna sepeda motor.

“Kami juga akan melakukan kajian untuk memberlakukan ruas Jl. Perintis Kemerdekaan ini menjadi satu arah. Yaitu hanya untuk kendaraan dari arah utara ke selatan.”

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

RAZIA BOYOLALI
1 Wanita Urung Ditahan karena Tak Terbukti Gunakan Sabu-Sabu

JIBIPhoto

PENCURIAN BOYOLALI
Ustazah Berusia 19 Tahun Ditangkap Polisi Gara-Gara Curi Uang Santri

JIBIPhoto

PENIPUAN BOYOLALI
Pemuda Temanggung Tukang Gombali Perempuan Diciduk Polisi

JIBIPhoto

Alasan Warga Sambi Boyolali Aborsi Janin karena Sakit Hati Diputus Pacar

JIBIPhoto

Orok Terkubur di Pekarangan Warga Sambi Boyolali Ternyata Korban Aborsi

JIBIPhoto

Penemuan Orok Terkubur di Pekarangan Gegerkan Warga Sambi Boyolali

JIBIPhoto

Waspada, Jalur Boyolali-Semarang Wilayah Ampel Mulai Padat Merayap