JIBIPhoto
Pedagang menjual cabai merah besar dan cabai rawit merah di Pasar Kranggan, Senin (11/9/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga Beras Sukoharjo Stabil, Cabai Rawit Merah Hampir Rp50.000/Kg

Harga cabai rawit merah di Sukoharjo sudah mencapai Rp48.667/kg.

Solopos.com, SUKOHARJO — Harga cabai rawit merah di pasar tradisional Sukoharjo pada Kamis (11/1/2018) hampir menyentuh angka Rp50.000/kg, tepatnya Rp48.677/kg. Harga tersebut naik Rp1.334/kg dari hari sebelumnya Rp47.333/kg.

Sedangkan harga beras jenis IR64 medium masih stabil di kisaran Rp10.667/kg. Harga cabai merah besar Rp32.333/kg atau naik Rp1.333/kg dibanding sehari kemarin yang masih Rp31.000/kg. Harga bawang putih kating juga naik Rp333/kg dari Rp21.000/kg menjadi Rp21.333/kg.

“Harga beras sekarang stabil tetapi pekan pertama Januari atau awal tahun kemarin naik dari Rp9.500/kg menjadi Rp10.000/kg hingga Rp10.500/kg untuk jenis beras medium,” kata Sukrisni, pedagang Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo, Kamis.

Menurutnya, harga cabai naik walau tidak setinggi tahun lalu yang mencapai Rp100.000/kg. Harga cabai merah dan rawit senilai Rp48.600-an per kilogramnya. Kenaikan harga itu wajar karena kondisi cuaca hujan sehingga tanaman cabai dan padi terganggu panennya.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Candra Ariyadi Prakosa, kepada wartawan menyatakan semua anggota Kodim sudah turun ke sawah untuk memantau dan mendampingi petani saat panen padi. “Anggota babinsa [bintara pembina desa] diminta selalu melakukan pendampingan kepada petani mulai persiapan tanam sampai panen. Termasuk membantu petani memberantas hama dan melihat kondisi saluran air ke lahan persawahan apakah rusak atau tidak.”

Kedekatan anggota TNI dengan petani bertujuan agar program swasembada pangan segera tercapai. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PKUKM) Sukoharjo, Sutarmo, menjelaskan kondisi di lapangan pedagang belum menaikkan harga beras walau ada informasi kenaikan harga beras.

Kondisi Sukoharjo sebagai lumbung pangan menjadi salah satu faktor terkendalinya harga beras di pasar tradisional. “Harga beras d tiga pasar tradisional dua hari ini stabil rata-rata Rp11.687 per kilogram untuk beras jenis IR64 premium dan Rp10.667 per kilogram untuk beras jenis IR64 medium.”

Mantan Kepala Satpol PP Sukoharjo, menegaskan tiga pasar tradisional sudah setahun terakhir dipantau terus perkembangan harga kebutuhan pokoknya. Tiga pasar tradisional yang setiap harinya melaporkan harga kebutuhan pokok adalah Pasar Mojolaban, Kecamatan Mojolaban, Pasar Ir. Soekarno, dan Pasar Tawangsari.

“Fakta di lapangan seperti itu [harga beras belum naik] karena Sukoharjo lumbung beras.”

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

12 Hari OP di Sragen Baru Bisa Turunkan Harga Beras Rp500/Kg

JIBIPhoto

Abaikan Penolakan Pemkab Sukoharjo, Warga Gandekan Solo Lanjutkan Proses Pecah Sertifikat Tanah Padasan

JIBIPhoto

KOMODITAS PANGAN
Harga Beras Melambung, Bupati Madiun Minta Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar

JIBIPhoto

Belum Dapat Izin, Warga Gandekan Solo Sudah Bangun 3 Unit Rumah di Padasan Sukoharjo

JIBIPhoto

Pemkab Sukoharjo Berkukuh Tolak Site Plan Rumah Relokasi Warga Gandekan Solo

JIBIPhoto

Ini Makna 6 Menara di Masjid Baiturrahman Sukoharjo

JIBIPhoto

DPRD Solo Ancam Pidanakan Pejabat Pemkab Sukoharjo karena Hambat Relokasi Warga Gandekan