Entertainment
Kamis, 11 Januari 2018 - 20:10 WIB

Terkait Materi SARA, Din Syamsuddin Ikut Kritik Joshua Suherman

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin (tengah) didampingi Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kiri) dan Ketua PDM Muhammadiyah Karanganyar, Muh. Samsuri (kanan), Kamis (27/8/2015) malam. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Din Syamsuddin mengkritik Joshua yang dianggap SARA saat stand up comedy.

Solopos.com, JAKARTA – Stand up Comedian Joshua Suherman menarik perhatian karena ucapannya yang dianggap SARA. Forum Umat Islam Bersama (FUIB) telah melaporkan mantan artis cilik ini ke Bareskrim Mabes Polri pada Selasa (9/1/2018) atas dugaan penistaan agama.

Advertisement

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin (Din Syamsuddin) sebagaimana dilansir Okezone.com, Rabu (11/1/2018), ikut menyesalkan adanya kejadian itu. Din mengatakan Joshua sebagai publik figur seharusnya bisa lebih berhati-hati saat tampil di masyarakat. Baca juga: Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Atas Tudingan Penistaan Agama

“Seharusnya punya self sensor dalam dirinya yakni menahan dirinya terhadap yang sensitif terutama dalam wilayah SARA. Tidak hanya agama tapi juga gen ras, suku, dan lain sebagainya,” ucap Din di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.

Mengenai pelaporan yang dilakukan FUIB, Din memandang itu sah-sah saja dan merupakan hak mereka bila merasa tersinggung atas perbuatan itu. Baca juga: Laporkan Joshua Suherman, Ini Barang Bukti yang Disodorkan FUIB

Advertisement

Meski begitu, Din juga menyatakan apakah perbuatan Joshua dilakukan dengan sengaja atau tidak dan apakah bisa diselesaikan secara perdamaian.

“Harus kita lihat juga apakah itu sengaja atau tidak, lalu balik lagi bisa diselesaikan secara perukunan perdamian dan permohonan maaf,” tukasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif