News
Kamis, 11 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 11 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tentara Jepang yang menyerbu wilayah Kuala Lumpur, 1942. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 11 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 11 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 Januari.

Advertisement

532
Kerusuhan besar yang dipicu konflik pada suatu pertandingan balapan kereta perang di Konstantinopel pecah. Kerusuhan itu menyebabkan sejumlah orang terbunuh dan hampir 50 persen dari seluruh bangunan di Konstantinopel hancur.

1879
Inggris yang menginvasi wilayah Kekaisaran Zulu memecah perang yang kemudian disebut Perang Inggris-Zulu. Perang tersebut berlangsung selama hampir lima bulan dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas kemenangan itu, Inggris memulai kekuasaannya di wilayah Kekaisaran Zulu.

Advertisement

1879
Inggris yang menginvasi wilayah Kekaisaran Zulu memecah perang yang kemudian disebut Perang Inggris-Zulu. Perang tersebut berlangsung selama hampir lima bulan dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas kemenangan itu, Inggris memulai kekuasaannya di wilayah Kekaisaran Zulu.

1569
Untuk kali pertama, permainan lotre diperkenalkan di Inggris. Lotre merupakan salah satu bentuk permainan yang menjanjikan pesertanya mendapatkan keuntungan besar jika beruntung. Permainan yang juga dianggap sebagai judi ini sempat dianggap ilegal, namun beberapa negara mulai melegalkan lotre setelah Perang Dunia II berakhir.

1923
Pasukan Prancis dan Belgia menduduki wilayah Ruhr di Jerman. Prancis dan Belgia menduduki wilayah tersebut sampai 1925 demi menuntut Republik Weimar membayar ganti rugi semasa Perang Dunia I. Tindakan Prancis ini sempat mendapatkan banyak kritik, namun Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak turun tangan karena tindakan tersebut dianggap legal dan sesuai dengan Perjanjian Versailles

Advertisement

1942
Kuala Lumpur berhasil direbut pasukan Jepang dari cengkeraman Inggris. Wilayah yang kini menjadi ibu kota Malaysia itu lantas dikuasai Jepang sampai 15 Oktober 1945.

1962
Gunung Huascaran di Peru meletus dan menewaskan sedikitnya 4.000 orang. Letusan Gunung Huascaran itu menjadi salah satu letusan gunung berapi paling mematikan di Peru.

1972
Pakistan Timur yang telah memisahkan diri dari Pakistan dan menjadi negara merdeka secara resmi berganti nama menjadi Bangladesh. penggantian nama itu ditetapkan beberapa setelah pemerintah setempat menetapkan konstitusi.

Advertisement

Datin Seri Siti Nurhaliza. (Asiaone.com)

1979
Datin Seri Siti Nurhaliza lahir di Kampung Awah, Temerloh, Pahang, Malaysia. Ia lantas menjadi orang terkenal yang dikenal luas sebagai sorang penyanyi. Siti merupakan salah satu penyanyi terbaik di Asia dengan segudang prestasinya. Tercatat Siti pernah meraih penghargaan di Voice of Asia, Kompetisi Penyanyi Baru Asia, hingga MTV Asia Awards.

Jamie Richard Vardy. (Thesun.co.uk)

Advertisement

1987
Jamie Richard Vardy lahir di Sheffield, Inggris. Kini namanya diknenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub di Inggris, Leicester City, sejak 2012 silam. Bersama Leicester City, Vardy telah merengkuh sekali gelar juara Liga Inggris pada musim 2015-2016 lalu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif