News
Rabu, 10 Januari 2018 - 19:45 WIB

Sesuai Nama Ibu Negara, Burung Endemik Rote Dinamai Irianawidodoae

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Myzomela irianawidodoae (LIPI)

Burung endemik di Pulau Rote dinamai Ibu Negara.

Solopos.com, SOLO – Burung jenis baru endemik Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, resmi dinamai Myzomela irianawidodoae sesuai nama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Burung tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Treubia Volume 44, edisi Desember 2017, halaman 77-100.

Advertisement

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati mengatakan nama ilmiah jenis burung baru Myzomela irianawidodoae, telah Presiden Joko Widodo – melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Sekretaris Negara- izinkan menggunakan nama Ibu Negara berdasarkan Surat Nomor B1199/M.Sesneg/D-2/HL.01.00/12/2017 tertanggal 17 Desember 2017.

Diberitakan Antara, Rabu (10/1/2018), pemberian nama ilmiah jenis burung endemik dengan nama Ibu Negara ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan atau bentuk penghargaan kepada Ibu Negara yang sangat memperhatikan kehidupan burung, dedikasinya bisa dijadikan teladan dan menjadi contoh dalam menyelamatkan lingkungan di Indonesia.

Menurut dia, sangat lama proses penemuan jenis baru ini, dimulai dari pernyataan Forbes pada 1879 bahwa masih banyak jenis Myzomela spp. di wilayah Wallacea yang belum ditemukan.

Advertisement

Pada 1996, Johnstone dan Jepson melaporkan dugaan jenis baru Myzomela dari Pulau Rote pada daftar jenis burung. Kemudian pada 2009, seorang aktivis lingkungan Philip Verbelen melaporkan pengamatannya di Pulau Rote pada jenis burung yang sama, serta berhasil mengambil foto dan rekaman suaranya.

Sampai akhirnya pada 2017, tim peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI (Dr. Dewi M. Prawiradilaga. dkk) dan tim peneliti Nasional University of Singapore, Singapura (Ass. Prof. Frank Rheindt.dkk) mempublikasikan jenis baru Myzomela dari Pulau Rote tersebut dalam jurnal ilmiah Treubia Volume 44, edisi Desember 2017, halaman 77-100.

Jenis burung endemik Myzomela irianawidodoae ditemukan di Pulau Rote, NTT, pulau terbesar di Kepulauan Rote yang ada di sana dan berada di wilayah paling selatan Indonesia (terluar).

Advertisement

Burung ini termasuk di dalam famili Meliphagidae sebagai burung yang dilindungi menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan PP Nomor 7 Tahun 1999.

Burung Myzomela irianawidodoae berukuran kecil dengan panjang tubuh 11,8 cm dan bobotnya 32,23 gram dan panjang paruh 1,79 cm, bentangan sayap 17,2 cm dan panjang sayap 5,8 cm, panjang ekor 3,7 cm dan tinggi kaki 1,67 cm. Paruh berwarna hitam, warna mata cokelat gelap, warna kaki dan jari hitam dengan bantalan kuku warna kuning.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif