News
Senin, 8 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 8 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan karya Henry Bryan Hall yang menggambarkan pertempuran antara Inggris dan AS di New Orleans, Louisiana, AS, 1815. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 8 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 8 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 8 Januari.

Advertisement

1297
Monako menjadi negara berdaulat setelah secara resmi meraih kemerdekaan dari Genoa. Sebelumnya, Monako merupakan koloni Genoa sejak 1215.

1815
Pertempuran antara Amerika Serikat (AS) dan Inggris meletus di New Orleans, Louisiana, AS. Pertempuran tersebut berlangsung selama 10 hari dan berakhir dengan kemenangan AS. Pasukan Inggris yang kalah lantas menarik semua tentaranya dari wilayah Louisiana.

Advertisement

1815
Pertempuran antara Amerika Serikat (AS) dan Inggris meletus di New Orleans, Louisiana, AS. Pertempuran tersebut berlangsung selama 10 hari dan berakhir dengan kemenangan AS. Pasukan Inggris yang kalah lantas menarik semua tentaranya dari wilayah Louisiana.

1916
Sekutu mulai menarik pasukannya dari wilayah Gallipoli, Kesultanan Ottoman setelah gagal menguasainya. Pasukan Sekutu yang ingin merebut Gallipoli dari Kesultanan Ottoman telah mengepungnya selama selama hampir setahun. Namun kokohnya pertahanan Ottoman membuat pasukan Sekutu memilih mundur.

Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud. (Wikimedia.org)

Advertisement

Elvis Presley. (Billboard.com)

1935
Elvis Aaron Presley lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai penyanyi rock ‘n roll legendaris yang berkarier sejak 1953. Elvis meninggal dunia pada usia 42 tahun setelah hatinya mengalami pembengkakan.

1940
Pemerintah Inggris mulai memperkenalkan sistem penjatahan pangan untuk rakyatnya. Sistem itu terpaksa dilakukan demi mengatasi kelangkaan makanan di Inggris selama Perang Dunia II. Sebab kelangkaan makanan di Inggris itu salah satunya adalah kapal Inggris yang mengangkut persedian makanan dari negara lain kerap dibombardir pasukan Jerman.

Advertisement

1942

Stephen William Hawking. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Stephen William Hawking lahir di Oxford, Inggris. Kini, namanya terkenal sebagai seorang profesor dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Nama Hawking juga dikenal sebagai seorang yang telah menyumbang berbagai teori di bidang fisika kuantum.

Advertisement

1945
Pasukan Filipina mulai menyerang pasukan Jepang yang menduduki wilayah Ilocos Sur, Luzon Utara, Filipina. Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Filipina kemudian berlangsung selama beberapa hari dan menjadikannya salah satu pertempuran besar yang melibatkan pasukan Filipina dan Jepang.

Lukisan Mona Lisa. (Wikimedia.org)

1963
Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci untuk kali pertama dipamerkan di Amerika Serikat AS. Lukisan legendaris itu dipajang di Galeri Seni Nasional di Washington, D.C.

1983

Kim Jong-un (thehindu.com)

Kim Jong-un lahir di Pyongyang, Korea Utara (Korut). Kini, ia dikenal sebagai pemimpin tertinggi di Korut sejak 2011 menggantikan ayahnya, Kim Jong-il yang meninggal dunia. Di usia 35 tahun, ia adalah kepala negara termuda di dunia saat ini. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif