JIBIPhoto

114 Mahasiswa APN Surakarta Diwisuda, 90% Di Antaranya Sudah Diterima Kerja

Sebanyak 114 taruna Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta diwisuda di Lorin Solo Hotel, Sabtu (6/1/2018)

Solopos.com, KARANGANYAR—Sebanyak 114 taruna Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta diwisuda di Lorin Solo Hotel, Sabtu (6/1/2018). Meskipun baru menjalani wisuda, tetapi sekitar 90% lulusannya ini sudah terserap ke dunia kerja.

Ketua Panitia Wisuda ke XI APN Surakarta, Daliman, mengatakan taruna dan taruni yang diwisuda merupakan mahasiswa jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan. Sebelumnya, mereka telah menempuh pendidikan setara DIII di kampus yang beralamat di Jalan Adi Sumarmo no. 40 Kartasura, Sukoharjo ini. (baca: Inilah Perguruan Tinggi Swasta di Solo Raya)

“Dari total yang diwisuda, hampir 90% di antara mereka sudah terserap di dunia kerja. Kebanyakan di bidang pelayaran, ada pula yang transportasi,” tuturnya, saat ditemui Solopos.com, di Lorin Solo Hotel, Jumat (5/1/2018).

Ia menambahkan APN Surakarta sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan dan industri. Salah satunya adalah PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk yang merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang transportasi.

Meski bersifat pendidikan semi militer, taruna dan taruni juga tetap dibekali dengan ilmu agama, budi pekerti, dan karakter. Terlebih APN Surakarta memiliki dosen praktisi yang berpengalaman dalam bidang pelayaran, sehingga bisa berbagi ilmu langsung dengan taruna dan taruni. Bahkan dalam melatih kedisiplinan, mereka juga dilatih oleh anggota TNI.

Sementara itu, Humas APN Surakarta, Dweni Astuti, menambahkan kualitas lulusan APN Surakarta memang tidak perlu diragukan.

“Taruna dan taruni kami sudah banyak yang diterima di dunia kerja. Mayoritas mereka bekerja masih di sekitar Pulau Jawa. Akan tetapi, ada juga yang diterima di Kalimantan hingga Timika, Papua,” jelasnya.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya