Teknologi
Sabtu, 6 Januari 2018 - 23:30 WIB

Duh, Bug Meltdown dan Spectre Serang Seluruh Perangkat IOS

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - iPhone/Softpedia

Akibat bug ini, Apple menggulirkan update terbaru untuk Ipad, Iphone, Ipod sentuh, desktop dan laptop Mac, serta set-top-box Apple TV.

Solopos.com, CUPPERTINO – Belum lama ini bug Meltdown dan Spectre yang menyasar celah keamanan berbagai prosesor ternama menghebohkan publik. Beberapa prosesor yang terdampak yakni Intel, ARM dan AMD.

Advertisement

Dilansir Bloomberg, Jumat (5/1/2017), namun rupanya Apple juga terdampak dari bug membahayakan tersebut. Apple mengatakan bahwa semua komputer Mac dan perangkat IOS seperti Iphone dan Ipads juga terpengaruh oleh celah keamanan tersebut.

Meski begitu, Apple menegaskan bahwa tak ada eksploitasi yang mempengaruhi pengguna. Sebagai langkah antisipasi mengurangi kerentanan Meltdown, perusahaan telah menggulirkan update terbaru untuk Ipad, Iphone, Ipod sentuh, desktop dan laptop Mac, serta set-top-box Apple TV.

Sementara Apple Watch yang berjalan pada IOS dijelaskan Apple tidak terdampak dari kerentanan itu.

Advertisement

Selain itu, perusahaan menyatakan bahwa update untuk beberapa sistem operasinya itu tidak mengurangi kinerja perangkat, melainkan mengurangi kerentanan Meltdown.

Apple selanjutnya akan merilis update untuk web browser Safari dalam beberapa hari mendatang demi mempertahankan diri dari celah keamanan lain yakni Spectre. Sayangnya update itu bisa memperlambat kecepatan browser kurang dari 2,5%, sebagaimana ditulis Apple dalam situsnya.

Sebelumnya Intel mengonfirmasi laporan yang menyatakan bahwa prosesornya memiliki kerentanan. Tak hanya pada IOS, Intel juga menyebut kerentanan itu berimbas pada Android yang didukung arsitektur prosesor ARM.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif