Soloraya
Kamis, 4 Januari 2018 - 17:35 WIB

BANJIR SUKOHARJO : Tanggul Saluran Irigasi Jebol Banjiri Puluhan Hektare Sawah di Weru

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota TNI dan masyarakat bekerja bakti mengecor jalan Dukuh Sidorejo, Desa Grogol, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (4/1/2018). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Tanggul saluran irigasi di Desa Grogol, Kecamatan Weru, Sukoharjo, jebol mengakibatkan areal sawah kebanjiran.

Solopos.com, SUKOHARJO — Sedikitnya 20 hektare (ha) sawah di Desa Grogol, Kecamatan Weru, Sukoharjo, kebanjiran air luapan saluran irigasi yang tanggulnya jebol, Kamis (4/1/2018) pagi.

Advertisement

Ranto dan Wadiyo, warga Grogol, yang ditemui Solopos.com di lokasi bercerita banjir terjadi Kamis sekitar pukul 03.00 WIB. “Hujan dengan intensitas tinggi turun pada Rabu [3/1/2018] malam sekitar pukul 22.00 WIB hingga Kamis pukul 02.00 WIB. Satu jam kemudian saya keluar melihat air sudah melimpah ke persawahan,” ujar Wadiyo.

Dia bercerita selama sebulan sudah tiga kali lahan persawahan warga di desanya terendam air. Kali pertama terjadi awal Desember 2017 disusul pertengahan Desember dan terakhir 4 Januari 2018. (Baca: 4 Sungai Meluap Rendam Ratusan Rumah Warga Sukoharjo)

Advertisement

Dia bercerita selama sebulan sudah tiga kali lahan persawahan warga di desanya terendam air. Kali pertama terjadi awal Desember 2017 disusul pertengahan Desember dan terakhir 4 Januari 2018. (Baca: 4 Sungai Meluap Rendam Ratusan Rumah Warga Sukoharjo)

Warga sebenarnya sudah bersiap memperbaiki tanggul yang jebol itu pada hari itu bersama anggota TNI, dan Polri. Namun, karena air meluap dan merendam tanggul, akhirnya seratusan warga yang sudah berkumpul tetap bekerja bakti membantu pengecoran jalan Dukuh Sidorejo RT 001/005, Desa Grogol.

“Tanggul jebol kali pertama luapan air cukup tinggi hingga masuk ke halaman rumah warga Dukuh Sidorejo. Hari ini [Kamis] luapan air tidak begitu tinggi tetapi perbaikan tanggul tidak bisa dilakukan.”

Advertisement

“Sangat mungkin tanah didodos [digunakan untuk rumah] tikus atau trenggiling sehingga air meresap melalui lubang tersebut dan ambrol,” jelasnya. (Baca: BBWSBS Janji Segera Perbaiki Tanggul Kritis di Sukoharjo)

Dia menyatakan tanggul saluran air itu lebarnya tiga meter sehingga cukup untuk menahan air. “Air di saluran kiriman dari daerah Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Selama daerah hulu hujan air akan mengalir ke sini [Sidorejo].”

Sementara itu, Danramil 05/Weru, Kapten (Inf) Ludiman, di sela-sela membantu warga mengecor jalan kampung bercerita hujan terjadi di Gunungkidul. Dampaknya, air mengalir ke Grogol dan meluap.

Advertisement

“Karya bakti perbaikan tanggul dengan bronjong kawat tertunda dan dialihkan pekerjaan rabat jalan. Karya bakti sudah dikoordinasikan dengan Lurah Grogol dan elemen masyarakat yang lain. Pekerjaan perbaikan tanggul tetap dilaksanakan tetapi menunggu banjir surut.”

Panjang tanggul yang jebol mencapai 10 meter dengan ketinggian 4 meter. Luapan air pada Kamis itu tidak masuk ke rumah warga tetapi lahan persawahan seluas 20 hektare terdampak.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, meminta pihak terkait segera menangani tanggul jebol di Desa Grogol, Kecamatan Weru. Bupati menilai dampak tanggul jebol menganggu aktivitas warga dan merusak tanaman petanian.

Advertisement

“Lakukan koordinasi dengan BBWSBS [Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo] secepatnya dan lakukan penanganan.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif