Teknologi
Kamis, 4 Januari 2018 - 23:10 WIB

31 Januari, Fenomena Langka Blue Moon Hadir di Langit Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi supermoon di Kairo, Mesir (JIBI/Solopos/Reuters/Amr Abdallah Dalsh)

Akhir bulan ini, Indonesia akan disuguhkan dengan kehadiran fenomena alam blue moon.

Solopos.com, SOLO – Fenomena alam langka bakal terjadi di langit Indonesia pada 31 Januari 2018 mendatang. Di tanggal itu, seperti dilansir Miami Herald, Rabu (3/1/2018), akan ada super blue blood moon eclipse yang hanya terjadi 150 tahun sekali.

Advertisement

Super moon, seperti yang terjadi pada malam tahun baru kemarin, adalah istilah untuk menyebut fenomena ketika Bulan tampak lebih besar dan terang dari biasanya di langit. Itu terjadi karena Bulan sedang berada di titik terdekatnya dengan Bumi. Baca juga: Sehari Lagi Nonton Supermoon Yuk?

Pada 31 Januari nanti seperti dikutip dari Suara.com, Kamis (4/1/2017), Bulan purnama akan kembali menghiasi langit dan peristiwa ini – ketika bulan purnama terjadi dua kali dalam sebulan – disebut sebagai “blue moon”.

Selain itu, pada malam yang sama akan terjadi gerhana Bulan total. Meski demikian, tak semua wilayah di Bumi bisa melihat gerhana Bulan total ini. Orang-orang di Asia, terutama di Indonesia, dan Australia serta Selandia Baru yang diberkati dengan pemandangan langka ini.

Advertisement

Yang lebih unik lagi, ketika terjadi gerhana, cahaya yang dipancarkan bulan akan berwarna kebiruan karena disaring sedemikian rupa oleh atmosfer Bumi. Sementara pantulan cahayanya akan berwarna kemerahan, sehingga dijuluki “blood moon”. Baca juga: Begini Tips Abadikan Supermoon ala NASA

“Segala hal yang membuat publik penasaran pada ilmu pengetahuan dan membuat mereka sadar bahwa sains adalah penting, adalah hal yang baik,” kata Sarab Noble, seorang ilmuwan dari Badan Antariksa Amerika Serikat

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif