Soloraya
Rabu, 3 Januari 2018 - 14:15 WIB

CATATAN 2017 : 631 Lakalantas di Solo Sebabkan 63 Orang Meninggal

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Catatan 2017 mengupas tentang kejadian lakalantas di Solo setahun kemarin.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 63 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama 2017. Sementara itu, dari 631 kejadian lakalantas tahun lalu, 145 pelajar diketahui menjadi korban lakalantas.

Advertisement

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengatakan jumlah kasus lakalantas tahun ini turun 7% atau 681 kasus dibandingkan tahun lalu. Demikian jumlah korban meninggal tahun ini juga mengalami penurunan dari 67 orang 2016, turun menjadi 63 orang.

“Kami mencatat kasus lakalantas tahun ini masih didominasi di jalan rawan lakalantas seperti di Jl. Slamet Riyadi, Jl. Adisucipto, Jl. Ahmad Yani, Jl. Kolonel Sutarto, kawasan ringroad Mojosongo, dan kawasan Jurug,” ujar Imam saat ditemui wartawan di Mapolresta Solo, Rabu (3/1/2017).

Menurut Imam, pelajar dan mahasiswa mulai umur 16 tahun sampai 20 tahun masih banyak menjadi korban lakalantas pada tahun lalu. Banyak faktor yang menjadi penyebab mereka menjadi korban lakalantas diantaranya belum bisa menggunakan sepeda motor dengan baik, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan tidak memakai helm saat berada di jalan raya.

Advertisement

“Kami sangat selektif dalam mengeluarkan SIM. Pelajar yang belum bisa menggendarai sepeda motor dengan baik jangan berharap bisa mengantongi SIM karena resikonya besar,” kata dia.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polresta Solo, Iptu Bambang Subekti, mengatakan sebanyak 417 orang mendapatkan surat tilang dan 657 orang mendapatkan teguran selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2017, 22 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018.

“Kami mendapati 16 kasus lakalantas dengan satu orang meninggal dunia saat Operasi Lilin Candi,” ujar Bambang, Rabu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif