Teknologi
Rabu, 3 Januari 2018 - 14:45 WIB

Arkeolog Israel Temukan Stempel Kuno dari Gubernur Kota Yerusalem

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Stempel kuno yang diklaim dari Gubernur Yerusalem. (Istimewa/themalaysianinsight.com)

Penemuan itu membuktikan pernyataan kitab suci akan keberadaan gubernur di kota Yerusalem, klaim Israel.

Solopos.com, TEL AVIV – Tim arkeolog Israel pada Senin mengungkapkan penemuan stempel tanah liat berusia 2.700 tahun milik pemimpin kerohanian kota Yerusalem.

Advertisement

Artefak itu bertuliskan “milik gubernur kota” dalam bahasa Ibrani kuno, diduga menempel dalam paket atau dikirim sebagai cendera mata atas nama pemimpin kota itu. Dalam naskah kuno itu disebutkan “gubernur kota” adalah jabatan tertinggi di Yerusalem pada waktu itu, kata badan Otoritas Antik Israel.

Dilansir Reuters, Rabu (3/1/2017), stempel yang berukuran sekira mata uang logam itu bergambar dua orang tengah berdiri saling berhadapan dengan posisi sama. Stempel itu ditemukan di dekat Tembok Ratapan, kawasan Kota Tua Yerusalem.

“Penemuan itu membuktikan pernyataan kitab suci akan keberadaan gubernur di kota Yerusalem sekitar 2.700 tahun lalu,” kata Otoritas Antik Israel mungutip arkeolog Shlomit Weksler-Bdolah.

Advertisement

Gubernur Yerusalem, yang ditunjuk oleh seorang raja, dua kali disebutkan dalam kitab suci orang Yahudi, Tanakh. Penyebutan pertama ada di bagian Kitab Para Raja yang menyatakan Nabi Yusuf sebagai Gubernur Yerusalem. Penyebutan kedua berada di bagian Kitab Tawarikh.

Pengungkapan penemuan itu terjadi beberapa pekan setelah Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif