Teknologi
Selasa, 2 Januari 2018 - 02:00 WIB

LIPI Bikin Kartu Ucapan “Selamat Tahun Baru 2018” Seukuran Virus Polio

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Virus polio yang memperlihatkan ucapan "Selamat Tahun Baru 2018. (Istimewa)

Kartu ucapan tahun baru 2018 tersebut hanya berukuran 25 mikrometer atau 0,025 milimeter.

Solopos.com, JAKARTA – Tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat kartu ucapan tahun baru 2018 seukuran virus Polio dengan teknologi Dual-Beam Focused Ion Beam (FIB).

Advertisement

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, kartu ucapan tahun baru 2018 tersebut hanya berukuran 25 mikrometer atau 0,025 milimeter yang bisa disamakan dengan ukuran virus Polio.

Kartu ucapan itu berbentuk persegi panjang seperti plat kendaraan bermotor dengan tulisan “Selamat Tahun Baru 2018”. Di bagian bawahnya tertulis “Laboratorium FIB P2F LIPI” dan terdapat logo LIPI di bagian kanan.

Kartu ucapan tahun baru yang dirilis oleh Pusat Penelitian Fisika LIPI ini dibuat menyusul tren kartu ucapan natal terkecil berukuran 15×20 mikrometer yang dibuat oleh Laboratorian Fisika Nasiona (NPL) Inggris beberapa waktu lalu.

Advertisement

“Kami bertekad untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ini adalah salah satu itikad kami para peneliti untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang Indonesia miliki kepada masyarakat luas,” kata peneliti sekaligus pakar karakterisasi nano material Pusat Penelitian Fisika LIPI Eni Sugiarti.

Teknologi Dual-Beam FIB ini biasa diaplikasikan untuk kebutuhan di bidang life science, industri semikonduktor, dan teknologi nano lainnya.

Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI Rike Yudianti menyatakan fasilitas Dual-Beam FIB yang dimiliki LIPI ini terbuka untuk masyarakat luas. Alat tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Advertisement

“Semua kalangan boleh memanfaatkannya. Kita bisa riset bersama nanti. Boleh dari kalangan mahasiswa, dosen, peneliti swasta, industri, bahkan kalangan pelajar, semua bisa manfaatkan. Silahkan berkunjung dan kontak kami,” kata Rike.

Advertisement
Kata Kunci : LIPI Virus Polio
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif