Soloraya
Senin, 1 Januari 2018 - 05:35 WIB

Warga Klaten Rayakan Malam Pergantian Tahun dengan Parade Gamelan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gamelan dipamerkan di lapangan Dukuh Corocanan, Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Minggu (31/12/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Warga Klaten merayakan malam pergantian tahun dengan menggelar parade gamelan.

Solopos.com, KLATEN — Malam pergantian tahun di Klaten dirayakan dengan beragam cara. Seperti di Dukuh Tegalcoronan, Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Minggu (31/12/2018).

Advertisement

Sebanyak 21 grup tampil pada Parade Gamelan. Kegiatan itu digelar di rumah salah satu warga dengan memanfaatkan perangkat gamelan milik bernama Sukisno tersebut.

Ketua panitia acara, Sanja, menjelaskan 21 penampil berasal dari berbagai kelompok karawitan yang digawangi kalangan muda. Mereka berasal dari DIY dan Jawa Tengah.

Selain penampilan kelompok gamelan, rangkaian acara juga digelar eksibishi berisi pameran gamelan. “Tepat pada malam pergantian tahun dibunyikan alat musik tradisional semacam peluit tetapi yang berbunyi kukuruyuk sebagai pengganti trompet. Sebagai pengganti suara kembang api ada jamming, memainkan seluruh gamelan secara bersama-sama,” kata Sanja saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Advertisement

Sukisno yang juga penanggung jawab kegiatan tersebut menuturkan parade gamelan sudah digelar untuk kali ketujuh. Kegiatan itu diadakan setiap malam pergantian tahun.

Tema yang diusung pada parade kali ini yakni Harmoni Sapta Alam. “Kegiatan ini awalnya untuk menguji dengan kegiatan ini apakah memilih hura-hura atau berkesenian. Ternyata banyak juga yang memilih berkesenian. Antusiasmenya setiap tahun bertambah,” kata Sukisno.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif