JIBIPhoto
Ilustrasi membersihkan telinga tanpa cotton bud. (Istimewa/Youtube)

TIPS HIDUP SEHAT
Cara Bersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

Tips hidup sehat kali ini tentang cara membersihkan telinga tanpa cotton bud.

Solopos.com, SOLO – Kotoran yang bertumpuk di telinga memang terkadang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, banyak orang yang nekat mengorek telinga dengan cotton bud untuk menghilangkan kotoran tersebut. Meski terasa nyaman, ternyata mengorek telinga sangat tidak dianjurkan.

Faktanya, kotoran ini sebenarnya merupakan sistem pertahanan telinga menangkap kotoran dan bakteri yang masuk. Cairan berwarna kuning ini diproduksi oleh kelenjar kecil di telinga yang kadang berbau dan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu dibersihkan.

Tapi, sebaiknya hindari membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Bukannya mengeluarkan, kotoran yang bertumpuk ini bisa saja masuk semakin dalam ke telinga. Bahkan, cotton bud juga berisiko menginfeksi telinga dalam. Sebab, cotton bud seringkali mendorong kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

Daripada sibuk mengorek dengan cotton bud, akan lebih baik jika Anda meneteskan cairan tertentu untuk membersihkan telinga. Mau tahu, apa saja cairan yang ampuh membersihkan kotoran di telinga? Temukan jawabannya dalam uraian yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Sabtu (30/12/2017), di bawah ini:

Minyak zaitun dan kelapa

Minyak zaitun dan kelapa merupakan bahan alami yang paling aman dan ampuh mengeluarkan kotoran di telinga. Caranya, tuangkan minyak tersebut ke sendok kemudian panaskan dengan api lilin. Setelah suhu minyak naik dan cukup hangat, celupkan kapas bersih. Peras kelebihan minyak yang meresap di kapas kemudian tempelkan ke telinga selama 15 menit. Selanjutnya usap telinga dengan kapas tersebut sampai bersih. Anda bisa mengulangi cara ini jika kotoran belum terangkat sempurna.

Air garam

Campuran air dan garam juga cukup ampuh menghilangkan kotoran di telinga. Caranya, larutkan garam dengan air hangat. Teteskan larutan tersebut ke telinga sambil memiringkan kepala. Kembalikan kepala ke posisi tegak setelah cairan itu masuk ke telinga dan sumbat dengan kapas. Selanjutnya usap telinga dengan kapas tersebut dan ulangi sampai bersih.

Cuka

Campuran cuka dengan alkohol juga bisa dipakai membersihkan telinga. Campurkan kedua bahan itu dan semprotkan ke dalam telinga. Ambil kapas bersih dan usap dengan lembut daun telinga Anda. Lakukan cara ini sampai kotoran terangkat sempurna.

Baby oil

Bagi yang tidak mau repot, Anda bisa memilih baby oil sebagai alternatif untuk membersihkan telinga. Baby oil memiliki tekstur lembut dan ringan yang cocok untuk segala jenis kulit. Cukup teteskan baby oil ke telinga untuk mengeluarkan kotoran yang menempel. Kemudian usap telinga dengan kapas bersih untuk mengangkat sisa kotoran.

lowongan pekerjaan
BPR BINSANI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Sulit Tidur Malam? Coba Tulis Rencana Anda Esok Hari

JIBIPhoto

TIPS HIDUP SEHAT
Ssst... Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda ala David Beckham

JIBIPhoto

HASIL PENELITIAN
Pekerja Shift Malam Berisiko Tinggi Terkena Kanker

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Deteksi Dini Stroke dengan DSA di RS Indriati Solo Baru

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Kentut Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia

JIBIPhoto

TIPS DIET
5 Langkah Turunkan Berat Badan Tanpa Ribet

JIBIPhoto

Simak! Ini 4 Kesalahan Umum Saat Diet