News
Minggu, 31 Desember 2017 - 18:35 WIB

Senin, Penumpang Arus Balik Liburan Tahun Baru akan Padati Bandara dan Stasiun KA Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penumpang mengantre masuk counter check in di Bandara Adi Soemarmo, Sabtu (23/12/2017). (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos)

Arus balik liburan Tahun Baru 2018 diprediksi mulai ramai pada Senin (1/1/2018).

Solopos.com, SOLO — Arus balik penumpang kereta api maupun pesawat pada liburan Natal dan Tahun Baru ini diperkirakan terjadi mulai Senin (1/1/2018). Pada hari itu diperkirakan para penumpang akan memadati baik stasiun maupun bandara.

Advertisement

Pejabat Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, menyampaikan sejak H-2 Natal hingga saat ini, rata-rata penumpang yang berangkat dari bandara berkode SOC ini mencapai lebih dari 5.000 orang. Begitu juga penumpang yang datang.

Kebanyakan penumpang yang datang berasal dari Jakarta mengingat jadwal penerbangannya paling banyak. “Hari ini [Sabtu, 30/12/2017] dan besok merupakan puncak kedatangan sedangkan arus balik terjadi pada Senin,” ujar Danar, Sabtu. (Baca: Bandara Adi Soemarmo Solo Makin Diminati)

Posko angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Adi Soemarmo mencatat ada kenaikan jumlah penumpang 8% dari tahun lalu yang sebanyak 110.915 orang menjadi 120.171 orang pada H-7 hingga H-3 Tahun Baru. Hal ini seiring bertambahnya jadwal penerbangan yang juga naik 8% dari 755 jadwal menjadi 813 jawal terbang.

Advertisement

Penambahan jumlah jadwal penerbangan ini tidak hanya dipicu adanya extra flight atau jadwal tambahan tapi juga dibukanya rute baru Solo-Makassar mulai 20 Desember lalu.

Di sisi lain, Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan selama ini stasiun selalu ramai penumpang, baik untuk kereta api (KA) jarak jauh maupun KA lokal. Dia juga memprediksi arus balik akan ramai pada Senin dengan jumlah penumpang hingga 36.000 orang baik untuk KA jarak jauh, jarak menengah, maupun KA lokal.

Dia menjelaskan dalam sehari PT KAI menyediakan lebih dari 13.000 kursi bagi penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari Daops VI. Penumpang KA lokal dalam sehari saat peak season juga mencapai lebih 13.000 orang per hari.

Advertisement

Selain itu, penumpang juga diangkut dengan menggunakan KA priority yang disambung dengan KA Argo Dwipangga dan KA Taksaka dan KA dari Daops lain yang melintas di wilayah Daops VI. “Pengoperasian KA priority akan terus dilakukan sesuai dengan animo masyarakat,” kata dia.

Eko menyebutkan sejak angkutan Natal dan Tahun Baru dioperasikan, tercatat sudah ada 182.073 orang yang diangkut dengan KA jarak jauh hingga Jumat (29/12/2017) atau naik 26% dari tahun lalu. Sedangkan jumlah penumpang KA lokal sebanyak 106.282 orang, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 89.040 orang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif