News
Jumat, 29 Desember 2017 - 14:30 WIB

Gaji Bos Apple 2017 Tembus Rp1,38 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - CEO Apple Tim Cook (Mobilegeek.com)

Total penghasilan Cook untuk tahun ini mencapai US$102 juta atau sekira Rp1,38 triliun.

Solopos.com, CUPPERTINO – CEO Apple, Tim Cook menerima kenaikan 74% dalam bonus tahunannya untuk tahun fiskal 2017. Hal ini diraih Cook karena ia membukukan pendapatan dan laba bersih perusahaan yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya.

Advertisement

Dilansir Bloomberg, Jumat (29/12/2017), Insentif Cook kini mencapai US$9,33 juta atau sekira Rp126 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir pada 30 September. CEO Apple itu juga berhak atas gaji US$3,06 juta dan penghargaan ekuitas sebesar US$89,2 juta, sehingga total penghasilan Cook untuk tahun ini mencapai US$102 juta atau sekira Rp1,38 triliun.

Bos lainnya juga mendapatkan bonus masing sekira US$3,11 juta sehingga total kompensasi mereka masing-masing sekira US$24,2 juta. Apple telah meningkatkan kinerja saham, yang meningkatkan potensi pendapatan bagi para eksekutif di masa depan.

Saham Apple meningkat 39% pada tahun fiskal 2017, lebih dari dua kali lipat dari S & P 500 (indeks 500 perusahaan dengan modal besar). Bonus bagi para eksekutif Apple ini telah melebihi target perusahaan karena Apple berhasil mendulang penjualan dan target pendapatan operasional.

Advertisement

Untuk pertama kalinya, Cook juga akan melakukan perjalanan dengan pesawat pribadi. Perjalanan ini sendiri tak ada kaitannya dengan bisnis perusahaan.

Dewan Apple telah menetapkan aturan yang dipublikasikan Rabu (27/12) waktu setempat, bahwa seorang CEO harus menggunakan pesawat pribadi baik untuk perjalanan bisnis maupun pribadi demi keamanan.

Sayangnya, Chief Design Officer Jony Ive tak disebut dalam daftar eksekutif perusahaan yang mendapat insentif tahunan itu. Padahal Ive dianggap banyak orang sebagai karyawan terpenting perusahaan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Apple Bos Apple Tim Cook
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif