Jogja
Jumat, 29 Desember 2017 - 06:55 WIB

Akhir Tahun, Kebutuhan Uang Tunai DIY Diperkirakan Capai Rp3,2 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang tunai rupiah (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

BI telah meminta sejumlah perbankan untuk membuat estimasi kebutuhan uang kartal

Harianjogja.com, JOGJA-Estimasi kebutuhan uang kartal atau uang tunai menyambut akhir tahun sebesar Rp3,2 triliun. Namun, adanya Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) nantinya akan memengaruhi jumlah peredaran uang kartal di masyarakat.

Advertisement

“Estimasinya Rp3,2 triliun yang disiapkan, tetapi penambahan dan paling tidak realisasinya sekitar Rp1,4 triliun,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY Budi Hanoto ditemui Harian Jogja di kantornya, Kamis (28/12/2017).

Budi mengatakan, menyambut akhir tahun, BI telah meminta sejumlah perbankan untuk membuat estimasi kebutuhan uang kartal guna memenuhi kebutuhan masyarakat atau nasabahnya. Di mana kebutuhan uang kartal setiap akhir tahun cenderung mengalam kenaikan.

Pada periode Desember 2014, kebutuhan uang kartal mencapai Rp1,483 triliun dan pada Desember 2015 realisasi naik menjadi Rp1,49 triliun. Sementara, pada Desember 2016 cenderung turun menjadi Rp1,28 triliun.

Advertisement

“Kondisi itu juga tergantung pada posisi libur panjangnya ada di akhir pekan atau hari biasa. Di tahun ini naik Rp1,4 triliun, tetapi bisa jadi realisasi tidak sampai segitu. Karena sekarang ada GNNT,” jelas Budi.

Terkait GNNT, Budi juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan pembayaran nontunai. Apabila nanti ada penurunan peredaran uang kartal, kata Budi, itu menandakan penggunaan pembayaran non tunai sudah mulai digiatkan masyarakat.

“Intinya, GNNT akan memengaruhi seberapa besar bank menarik uang kartal dari BI. Kami juga memastikan di masa pergantian tahun ini, mitigasi gangguan sistem teknologi seperti ATM tidak akan terganggu agar layanan kebutuhan uang di masyarakat dapat berjalan baik,” jelas Budi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif