Soloraya
Kamis, 28 Desember 2017 - 22:15 WIB

Malam Pergantian Tahun Klaten Dimeriahkan Didi Kempot

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesta kembang api menjadi puncak perayaan malam pergantian tahun yang dipusatkan di Alun-Alun Klaten, Sabtu-Minggu (31/12/2016-1/1/2017). (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Pemkab Klaten menggelar CFN di Jl. Pemuda untuk merayakan malam pergantian tahun.

Solopos.com, KLATEN — Hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) Jl. Pemuda, Klaten, yang rutin digelar tiap Minggu pagi diliburkan pada Minggu (31/12/2017). Sebagai gantinya, Pemkab Klaten menggelar car free night (CFN) pada Minggu malam untuk menyambut pergantian tahun.

Advertisement

Pemkab mengundang sejumlah artis untuk meramaikan malam pergantian tahun tersebut, salah satunya penyanyi campursari, Didi Kempot. Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Wagiya Gambir, mengatakan penutupan ruas jalan untuk kendaraan bermotor dilakukan secara bertahap di sepanjang Jl. Pemuda hingga Jl. Veteran.

Pada pukul 16.00 WIB, penutupan jalan dimulai dari simpang empat Matahari hingga persimpangan depan toko Laris. Penutupan kedua dilakukan dari simpang empat Bareng hingga depan toko Laris pada pukul 18.30 WIB.

Sekitar pukul 20.00 WIB, penutupan dilakukan dari Masjid Agung Al Aqsha hingga depan toko Laris. Penutupan arus lalu lintas dilakukan hingga Senin (1/1/2018) pukul 00.00 WIB.

Advertisement

Saat ruas Jl. Veteran serta Jl. Pemuda ditutup, Gambir menjelaskan kendaraan dialihkan lewat by pass untuk mereka yang melaju dari arah Solo. Sementara kendaraan pribadi dari Jogja bisa melintasi Jl. Merbabu-Jl. Andalas, Jl. Mayor Kusmanto, Jl. Mayor Sunaryo, hingga ke jalan raya Jogja-Solo.

“Kendaraan berat dari Jogja tetap melewati by pass,” urai Gambir, Kamis (28/12/2017).

Gambir mengatakan untuk mengatur arus lalu lintas, 40 personel Dishub diterjunkan terutama di kawasan-kawasan rawan macet. Kawasan itu terutama di persimpangan yang menuju Jl. Pemuda seperti Jl. Wijaya Kusuma, Jl. Tentara Pelajar, serta Jl. Piere Tendean. “Kantong parkir disediakan sesuai lokasi parkir saat CFD digelar,” katanya.

Advertisement

Pemkab memusatkan puncak perayaan malam pergantian tahun di Alun-alun Klaten pada Minggu malam. Pemkab mengundang sejumlah artis seperti grup NDX AKA dan penyanyi campursari, Didi Kempot. Puncak malam pergantian tahun dimeriahkan pesta kembang api.

Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono, menegaskan konvoi saat perayaan malam pergantian tahun dilarang. “Konvoi apa pun itu mengganggu masyarakat. Mereka liar, tidak ada konvoi yang resmi kecuali yang meminta pengawalan ke polisi. Itu pun kami pilah-pilah kepentingannya seperti apa,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif