Teknologi
Rabu, 27 Desember 2017 - 14:10 WIB

Spesies Baru Laba-Laba Ini Diberi Nama Bob Marley

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Laba-Laba yang diberi nama Bob Marley. (Istimewa)

Para peneliti mengasosiasikan kemunculan mereka dengan lagu High Tide Or Low Tide Bob Marley.

Solopos.com,  QUEENSLAND – Para ilmuwan memberikan nama unik pada spesies baru laba-laba laut yang hanya muncul saat air surut di Australia, yakni Bob Marley. Spesies tersebut pertama kali ditemukan pada Januari 2009, saat laut sepanjang pantai Queensland surut dan menunjukkan keberadaan populasinya.

Advertisement

Para peneliti menggambarkan spesies tersebut sebagai spesies baru dalam dunia sains, dan mengasosiasikan kemunculan mereka dengan lagu Bob Marley pada 1973 yang berjudul High Tide Or Low Tide.

Sebuah penelitian tentang laba-laba yang bernama ilmiah Desis bobmarleyi ini, belum lama diterbitkan di jurnal Evolutionary Systematics. Penelitian tersebut didasarkan pada spesimen jantan dan betina yang ditemukan dan dikumpulkan dari karang otak pada malam mereka muncul, delapan tahun yang lalu.

Rekan penulis – Dr. Barbara Baehr, mengatakan bahwa laba-laba intertidal (zona pasang surut) telah menyesuaikan diri dengan kehidupan bawah laut. Mereka bersembunyi di kerang, karang, atau alga cokelat besar saat air pasang.

Advertisement

“Begitu air laut surut, mereka keluar dan berburu invertebrata kecil yang mengelilingi permukaan batu, karang, dan tanaman di dekatnya,” ujar Dr. Baehr, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (26/12/2017).

Ia mengatakan bahwa kedua jenis kelamin dicirikan oleh dominasi warna merah-cokelat, sedangkan kakinya berwarna cokelat-oranye, dan tertutup oleh lapisan padat dari struktur yang menyerupai rambut berwarna abu-abu, panjang, dan tipis. Laba-laba betina berukuran lebih besar dengan ukuran sembilan milimeter, sedangkan laba-laba jantan hanya enam milimeter.

Berbeda dengan laba-laba biasanya, spesies intertidal ini ‘benar-benar kelautan’. Daerah mereka menetap belum diketahui, tapi penelitian itu mencatat spesies tersebut berasal dari zona intertidal Great Barrier Reef di pantai timur laut Queensland.

Advertisement

“Lagu High Tide atau Low Tide menceritakan tentang cinta dan persahabatan dalam perjuangan hidup. Ini adalah musik [Bob Marley] yang membantu kunjungan lapangan ke Port Douglas di pesisir Queensland, Australia, untuk mengumpulkan laba-laba dengan biologi yang sangat unik,” tutur Dr.Baehr menjelaskan tentang keputusannya memberikan nama atas Bob Marley.

Advertisement
Kata Kunci : Penemuan Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif