JIBIPhoto
Tomas Rosicky. (REUTERS/Jason Cairnduff)

Tomas Rosicky Akhirnya Pensiun

Rosicky memutuskan untuk gantung sepatu.

Solopos.com, PRAHA – Setiap ada awal pasti ada akhir. Begitu juga dengan karier Tomas Rosicky di sepak bola profesional yang telah berlangsung 19 tahun akhirnya terhenti.

Pemain berjuluk Little Mozart itu mengumumkan gantung sepatu, Rabu (20/12/2017). Selama hampir dua dekade, Rosciky telah membela tiga klub, yakni Sparta Prague (Rep. Cheska), Borussia Dortmund (Jerman), dan Arsenal (Inggris).

Prague menjadi klub masa kecil Rosciky. Pria berusia 37 tahun itu kemudian hijrah ke Jerman dengan membela Dortmund pada 2001-2006. Tak butuh waktu lama, gelandang yang dikenal dengan pergerakan lincahnya tersebut langsung menjadi pujaan pendukung Die Borussen, julukan Dortmund. Rosicky membantu Dortmund meraih titel Bundesliga pada 2001/2002.

Penampilan ciamik Rosicky bersama Dortmund membuat Manajer Arsenal, Arsene Wenger, kepincutnya untuk mendatangkannya ke Liga Premier. Bersama Arsenal, Rosicky mencatat 246 laga dan menyokong 28 gol, plus mempersembahkan dua Piala FA. Sayangnya, Rosicky belum pernah merasakan gelar Liga Premier Inggris selama sekitar 10 tahun bekostum klub London Utara itu pada 2006-2016.

Cedera dan usia yang terus bertambah membuat penampilan Rosicky terus mengalami penurunan. Pada 2016, ia memilih kembali ke Prague sebelum akhirnya memutuskan pensiun. “Setelah berpikir cukup lama, saya menyadari tubuhku sudah tidak cukup kuat lagi untuk bermain sebagai pesepak bola profesional,’ jelas Rosicky, seperti dilansir dailymail.co.uk.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Sparta yang mengangkat pamorku, memberi kesempatan pertama dalam karierku ke klub besar, dan menginzinkanku mengucapkan selamat tinggal di tempat yang paling saya cintai. Saya tahu ini [masa pensiun] akan datang. Ini jauh lebih sulit ketimbang mempersiapkan pertandingan, pikiranku masih ingin bermain namun badanku menolaknya,” sambungnya.

Arsenal dan Dortmund memberikan “tribute” untuk pensiun Rosicky. Arsenal memutar video khusus bagi perpisahan Little Mozart dari panggung sepak bola. “246 penampilan, 28 gol, 2 Piala FA, 1 ikon Arsenal, kami cinta kamu Tomas,” tulis Arsenal dalam tayangan video itu.

Sementara Dortmund menuliskan kata-kata terimakasih kepada Rosicky di akun media sosial, Twitter mereka. “Terimakasih Tomas. Karier yang panjang akhirnya berakhir hari ini, namun memori tentang dribel unik, operan luar biasa, dan gol-gol cantik darimu akan diingat selamanya,” tulis Dortmund.

Beberapa pemain yang Arsenal juga menuliskan pesan khusus kepada Rosciky di akun media sosial masing-masing, seperti Danny Welbeck dan Mesut Ozil. Tahun 2017 seperti menjadi tahun pensiun bagi bintang-bintang ternama. Selain Rosicky, sebelumnya antara lain Francesco Totti, Kaka, dan Andrea Pirlo memutuskan gantung sepatu di tahun 2017.

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Kantongi Miliaran Rupiah per Pekan, Ini Deretan Gelandang Bergaji Tinggi di Dunia

JIBIPhoto

#ESPOSPEDIA
Semua Badan CR7 Bisa Berbuah Gol

JIBIPhoto

Morata Buka Peluang Balik ke Real Madrid

JIBIPhoto

Alexis Sanchez Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pajak, Divonis 16 Bulan Penjara

JIBIPhoto

Soal Posisi Main, Coutinho Serahkan Pada Pelatih

JIBIPhoto

Disodori Gaji Rp5,6 Miliar/Pekan, Ozil Akhirnya Teken Kontrak Baru

JIBIPhoto

Mourinho Izinkan Ibrahimovic Hengkang dari MU