Sport
Kamis, 21 Desember 2017 - 00:25 WIB

Tomas Rosicky Akhirnya Pensiun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tomas Rosicky. (REUTERS/Jason Cairnduff)

Rosicky memutuskan untuk gantung sepatu.

Solopos.com, PRAHA – Setiap ada awal pasti ada akhir. Begitu juga dengan karier Tomas Rosicky di sepak bola profesional yang telah berlangsung 19 tahun akhirnya terhenti.

Advertisement

Pemain berjuluk Little Mozart itu mengumumkan gantung sepatu, Rabu (20/12/2017). Selama hampir dua dekade, Rosciky telah membela tiga klub, yakni Sparta Prague (Rep. Cheska), Borussia Dortmund (Jerman), dan Arsenal (Inggris).

Prague menjadi klub masa kecil Rosciky. Pria berusia 37 tahun itu kemudian hijrah ke Jerman dengan membela Dortmund pada 2001-2006. Tak butuh waktu lama, gelandang yang dikenal dengan pergerakan lincahnya tersebut langsung menjadi pujaan pendukung Die Borussen, julukan Dortmund. Rosicky membantu Dortmund meraih titel Bundesliga pada 2001/2002.

Penampilan ciamik Rosicky bersama Dortmund membuat Manajer Arsenal, Arsene Wenger, kepincutnya untuk mendatangkannya ke Liga Premier. Bersama Arsenal, Rosicky mencatat 246 laga dan menyokong 28 gol, plus mempersembahkan dua Piala FA. Sayangnya, Rosicky belum pernah merasakan gelar Liga Premier Inggris selama sekitar 10 tahun bekostum klub London Utara itu pada 2006-2016.

Advertisement

Cedera dan usia yang terus bertambah membuat penampilan Rosicky terus mengalami penurunan. Pada 2016, ia memilih kembali ke Prague sebelum akhirnya memutuskan pensiun. “Setelah berpikir cukup lama, saya menyadari tubuhku sudah tidak cukup kuat lagi untuk bermain sebagai pesepak bola profesional,’ jelas Rosicky, seperti dilansir dailymail.co.uk.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Sparta yang mengangkat pamorku, memberi kesempatan pertama dalam karierku ke klub besar, dan menginzinkanku mengucapkan selamat tinggal di tempat yang paling saya cintai. Saya tahu ini [masa pensiun] akan datang. Ini jauh lebih sulit ketimbang mempersiapkan pertandingan, pikiranku masih ingin bermain namun badanku menolaknya,” sambungnya.

Arsenal dan Dortmund memberikan “tribute” untuk pensiun Rosicky. Arsenal memutar video khusus bagi perpisahan Little Mozart dari panggung sepak bola. “246 penampilan, 28 gol, 2 Piala FA, 1 ikon Arsenal, kami cinta kamu Tomas,” tulis Arsenal dalam tayangan video itu.

Advertisement

Sementara Dortmund menuliskan kata-kata terimakasih kepada Rosicky di akun media sosial, Twitter mereka. “Terimakasih Tomas. Karier yang panjang akhirnya berakhir hari ini, namun memori tentang dribel unik, operan luar biasa, dan gol-gol cantik darimu akan diingat selamanya,” tulis Dortmund.

Beberapa pemain yang Arsenal juga menuliskan pesan khusus kepada Rosciky di akun media sosial masing-masing, seperti Danny Welbeck dan Mesut Ozil. Tahun 2017 seperti menjadi tahun pensiun bagi bintang-bintang ternama. Selain Rosicky, sebelumnya antara lain Francesco Totti, Kaka, dan Andrea Pirlo memutuskan gantung sepatu di tahun 2017.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif