JIBIPhoto
Ilustrasi olahan hati ayam (Youtube)

TIPS KESEHATAN
Batasi! Ini 4 Bahaya Makan Hati Ayam

Tips kesehatan kali ini tentang empat bahaya makan hati ayam.

Solopos.com, SOLO – Hati ayam merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia. Meski tinggi kolesterol, penganan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Anda bisa dengan mudah menemukan olahan hati ayam di berbagai rumah makan.

Sama seperti manusia, hati ayam juga berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh. Makanan ini mengandung viatmin A, D, E, K, dan B12 yang dibutuhkan tubuh. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan justru akan membahayakan tubuh.

Mau tahu, apa saja penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak makan hati ayam? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Kamis (21/12/2017), di bawah ini:

Memicu sakit jantung

Hati ayam mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, kolesterol yang ada pada hati ayam bakal membuat tekanan darah meningkat. Selain itu, lemak dan kolesterol jahat itu bisa saja menyumbat pembuluh darah menuju jantung. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini akan memicu berbagai penyakit jantung.

Obesitas

Kandungan lemak yang tinggi pada hati ayam memicu obesitas. Itulah sebabnya hati ayam tidak baik dikonsumsi orang yang sedang diet ketat.

Rematik dan asam urat

Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi pada hati ayam juga memicu rematik dan asam urat. Hal ini disebabkan oleh penumpukan zat purin pada persendian. Zat inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi setelah mengonsumsi hati ayam. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit sendi sebaiknya batasi mengonsumsi makanan ini.

Gangguan pertumbuhan pada bayi

Hati ayam biasanya dijadikan campuran pada makanan bayi. Nutrisi yang terkandung pada hati ayam dianggap mampu memaksimalkan tumbuh kembang si kecil. Tapi, bukan berarti Anda boleh memberikan makanan ini setiap hari. Terlalu sering mengonsumsi hati ayam mengganggu pertumbuhan sel otak dan membuat bayi sering rewel.

 

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Sulit Tidur Malam? Coba Tulis Rencana Anda Esok Hari

JIBIPhoto

TIPS HIDUP SEHAT
Ssst... Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda ala David Beckham

JIBIPhoto

HASIL PENELITIAN
Pekerja Shift Malam Berisiko Tinggi Terkena Kanker

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Deteksi Dini Stroke dengan DSA di RS Indriati Solo Baru

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Kentut Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia

JIBIPhoto

TIPS DIET
5 Langkah Turunkan Berat Badan Tanpa Ribet

JIBIPhoto

TIPS HIDUP SEHAT
Cara Bersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud