JIBIPhoto
Redaktur Pelaksana Solopos.com, Rini Yustiningsih memberikan materi pelatihan bertema Deskripsi Produk Promo di Media di Rumah Kratif BUMN (RKB), Manahan, Banjarsari, Rabu (20/12/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

RKB BRI SOLO
Jualan Produk Tak Cukup Lewat Medsos

RKB BRI menggelar pelatihan bagi UMKM.

Solopos.com, SOLO — Di era digital seperti sekarang menjual produk tidak hanya cukup memanfaatkan media sosial (medsos), tetapi juga harus lewat website.

Demikian disampaikan Redaktur Pelaksana Harian Umum Solopos dan Solopos.com, Rini Yustiningsih dalam materi pelatihan Deskripsi Produk Promo di Media di Rumah Kreatif BUMN (RKB), Jl. Adisucipto, Manahan, Banjarsari, Rabu (20/12/2017).

“Kami melihat sekarang banyak orang menjual dan mempromosikan produknya lewat medsos dengan mengirim gambar. Menjual Produk seperti itu cukup efektif, tetapi hanya berjalan singkat,” ujar Rini disela memberikan materi kepada peserta pelatihan.

Rini mengatatakan medsos yang sering manfaatkan untuk menjual produk adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Keberadaan medsos tidak bisa diperkirakan sampai kapan akan bertahan sebagai alat promosi.

Ia mencontohkan dulu sebelum ada Instagram orang banyak menggunakan Facebook dan Twitter. Sekarang berjualan mulai ramai di Instagram.

“Semua orang tidak ada yang tahu sampai kapan Instagram bertahan. Kami menyarankan kepada pelaku usaha untuk tetap membuat website sebagai profil usaha,” kata dia.

Ia mengatakan website bisa dimanfaatkan untuk membuat deskripsi tentang produk mulai dari keunggulan produk, pelayanan, proses pembuatan produk, hingga alamat perusahaan. Semakin banyak tulisan tentang deskripsi produk akan terindeks di mesin pencarian. Ia mengatakan ada dua kriteria produk promo di media yakni soft selling dan hard selling (penjualan secara langsung).

Konsultan RKB, Rohmad Nur Cahyo, mengatakan ada dua jenis pelatihan yang diadakan RKB pada Rabu pagi. Pelatihan pertama tentang Deskripsi Produk Promo di Media dan Facebook Ads. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 36 peserta yang terbagi dalam dua kelas.

“Peserta dari pelatihan ini adalah binaan RKB di wilayah Soloraya. Kami berharap pelatihan ini bisa menambah kemampuan peserta untuk sarana menjual dan mempromosikan produknya menggunakan internet,” kata dia.

 

 

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

TIPS CANTIK
3 Bahan Alami Ini Ampuh Samarkan Bekas Luka

JIBIPhoto

Simak! 4 Hal Ini Bikin Tagihan Listrik Bengkak

JIBIPhoto

4 Manfaat Drone yang Jarang Diketahui

JIBIPhoto

ESPOSPEDIA
Penjualan Digital Makin Menjanjikan

JIBIPhoto

5 Smartphone Paling Dicari di Indonesia pada 2017

JIBIPhoto

GAGASAN
Foto untuk Merayakan Buku

JIBIPhoto

Facebook Jawab Tudingan Medsos Jadi Perusak Perilaku