Jateng
Kamis, 21 Desember 2017 - 11:50 WIB

GANGGUAN PENERBANGAN : Ban Bermasalah, Pesawat Garuda di Bandara Ahmad Yani Batal Terbang

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat maskapai Garuda Indonesia. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Gangguan penerbangan kali ini dialami pesawat Garuda Indonesia yang akan terbang dari Bandara Ahmad Yani menuju Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sekitar 120 penumpang pesawat Garuda Indonesia tujuan Bandara Ahmad Yani Semarang-Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, harus menunda keberangkatannya, Kamis (21/12/2017) pagi. Penumpang harus menunda keberangkatannya karena pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 233 mengalami gangguan teknis pada ban.

Advertisement

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Dian P.S., menyebutkan pesawat Garuda Indonesia GA 233 itu rencana take off pada pukul 07.40 WIB. Namun, karena terkendala masalah teknis pesawat itu harus menunda penerbangannya atau delay.

“Enggak tahu penyebab pasti kenapa pesawat itu harus menunda keberangkatannya. Setahu kami ada masalah teknis pada ban. Tapi, bannya tidak pecah,” ujar Dian saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Semarang, Bobby Rusyandi, menyebutkan alasan penerbangan pesawat Garuda No. GA 233 itu ditunda. Penundaan lebih dikarenakan ban yang dianggap sudah tidak layak digunakan.

Advertisement

“Sebelum berangkat para teknisi kami memeriksa pesawat itu dan merekomendasikan agar penerbangan ditunda karena ban bermasalah. Sebenarnya kalau dipaksain masih bisa. Tapi, kami mengutamakan keselamatan penumpang, jadi memilih menunda penerbangan,” tutur Bobby.

Bobby menambahkan sambil menunda penerbangan, pihaknya pun melakukan perbaikan terhadap pesawat itu. Ban diganti dengan onderdil yang baru yang dikirim dari Jakarta.

“Sebenarnya pesawat itu enggak masalah. Yang jadi masalah, penumpang jadi tertunda keberangkatannya. Untuk itu kami minta maaf,” tutur Bobby.

Advertisement

Bobby menyebutkan penumpang pesawat Garuda GA 233 itu pun kemudian dialihkan penerbangannya dengan pesawat Garuda yang lain. Mereka juga diizinkan menunggu hingga pesawat yang mengalami gangguan itu selesai diperbaiki.

“Interval penerbangan pesawat Garuda di Bandara Ahmad Yani tujuan Jakarta itu cuma sekitar dua jam. Jadi, penumpang yang mengalami penundaan bisa ikut pesawat yang berikutnya,” beber Bobby.

Tertundanya penerbangan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Ahmad Yani ini bukan kali pertama terjadi. Pada hari sebelumnya, Rabu (20/12/2017), Garuda juga harus menunda penerbangan pesawatnya dengan rute Semarang-Surabaya-Lombok karena mengalami gangguan. Meski demikian, pihak Bandara Ahmad Yani enggan menyebutkan gangguan yang dialami pesawat dengan nomor penerbangan GA 367 tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif