Jogja
Selasa, 19 Desember 2017 - 19:55 WIB

LIBUR AKHIR TAHUN : Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diprediksi Turun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga kembali ke perantauan melalui Terminal Giwangan, Jogja, Rabu (28/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Dinas Perhubungan Kota Jogja memperkirakan jumlah penumpang yang memanfaatkan bus selama libur tahun baru turun tahun ini

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan Kota Jogja memperkirakan jumlah penumpang yang memanfaatkan bus selama libur tahun baru turun tahun ini. Masyarakat lebih memilih moda transportasi lainnya seperti pesawat, kereta api, hingga kendaraan pribadi.

Advertisement

“Menurunnya sekitar 1-2 persen,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan, Bekti Zunanta, melalui sambungan telepon, Selasa (19/12/2017).

Bekti memperkirakan selama libur tahun baru ini jumlah penumpang harian di angka sekitar 20 ribuan dan jumlah bus sekitar 1.420 untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang tiba di Terminal Giwangan. Padahal biasanya jumlah penumpang harian selama libur panjang di atas 22.000-an dan bus sebanyak 1.520.

Menurut dia, tren penurunan penumpang di Terminal Giwangan sudah terjadi sejak lima tahun terakhir. “Tiap tahun memang turun. Kalau dihitung sejak lima tahun lalu, total penurunan penumpang sampai angka 10 persen,” kata dia.

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto menambahkan, penurunan penumpang di Giwangan tidak hanya terjadi saat liburan. Namun hari-hari biasa juga sudah menurun beberapa kali lipat sejak lima tahun terakhir.

Dalam catatan dia, rata-rata penumpang yang datang di Terminal Giwangan selama setahun terakhir sekitar 16.575 penumpang dan yang berangkat 15.956 penumpang. Bus AKAP yang datang 822 dan 290 AKDP. Sementara bus berangkat 789 AKAP dan 271 AKDP.

“Karena memang sudah pada beralih ke transportasi udara, kereta api, dan kendaraan pribadi,” ujar Yulianto.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif