Sport
Senin, 18 Desember 2017 - 14:00 WIB

LIGA SPANYOL : Atletico Madrid Melesat Berkat Pertahanan Rapat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Atletico Madrid merayakan gol. (JIBI/Reuters/Adam Holt)

Liga Spanyol diwarnai kemenangan Atletico Madrid.

Solopos.com, MADRID — Pelan tapi pasti. Ungkapan itu dapat menggambarkan upaya Atletico Madrid untuk mendekati puncak klasemen. Sempat tercecer di peringkat empat, Los Rojiblancos sukses menggapai posisi kedua berbekal lima kemenangan dari enam pertandingan terbarunya.

Advertisement

Alaves menjadi korban terakhir Atletico setelah disikat dengan skor 1-0 di Wanda Metropolitano, Minggu (17/12/2017) dini hari WIB. Striker veteran, Fernando Torres, keluar sebagai pahlawan dengan golnya di menit ke-74. Ini kali ketujuh Los Rojiblancos menang dengan selisih hanya satu gol, terbanyak di antara tim lain di Liga Spanyol.

Jika ditelisik, pencapaian impresif Atletico musim ini tak lepas dari solidnya lini belakang. Diego Godin dkk. baru kebobolan tujuh gol dari 16 pertandingan atau 0,44 gol per pertandingan. Itu rataan kemasukan paling sedikit di Liga Spanyol sejauh ini. Gawang Jan Oblak juga baru kebobolan dua gol dari sembilan laga terakhir di semua ajang. Saat melawan Alaves, ketatnya barisan pertahanan Atletico kembali sukses membuat para striker lawan frustrasi.

Dari 10 percobaan tembakan tim tamu, tak ada satu pun yang mengarah ke gawang Jan Oblak. “Ada energi yang berbeda, kami terus membangun benteng pertahanan yang lebih baik,” ujar Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, dilansir Football Espana, Minggu.

Advertisement

Simeone sempat dikritik terkait pendekatan permainannya yang cenderung bertahan. Saat menang 1-0 melawan Real Betis pekan lalu, Los Rojiblancos bahkan cenderung pragmatis untuk melindungi keunggulan satu gol. Akibatnya Koke dkk. hanya mengumpulkan penguasaan bola sebesar 26,1%, paling sedikit selama mereka bertanding di semua ajang musim ini. “Kami memeragakan sepak bola yang bagus, terutama hasil akhirnya,” kilah Simeone.

Kemenangan atas Alaves membawa Atletico naik ke peringkat dua dengan 36 poin. Ini setelah Valencia keok 1-2 atas Eibar di pertandingan lain. Namun Atletico masih berselisih tiga angka dari Barcelona di puncak klasemen. Selisih itu bisa menjadi enam andai Barca menang atas Deportivo La Coruna, Senin (18/12/017) dini hari WIB.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif