News
Minggu, 17 Desember 2017 - 23:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan wajah Ludwig van Beethoven. (Businessinsider.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Desember.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 17 Desember. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Desember.

Advertisement

546
Pasukan Ostrogoth berhasil merebut Kota Roma dari kekuasaan Kekaisaran Bizantium. Akibatnya, hampir seluruh bangunan di Kota Roma hancur oleh pasukan Ostrogoth. Setelah menghancurkan Roma, pasukan Ostrogoth meninggalkannya begitu saja.

1812
Tentara Amerika Serikat (AS) mengalahkan pasukan Suku Miami, sebutan bagi penduduk asli Amerika yang tinggal di wilayah Jalapa, India. Pertempuran itu merupakan balasan dari tentara AS lantaran sebelumnya terjadi serangan di Fort Wayne dan Fort Harrison, Indiana oleh para penduduk asli Amerika.

Advertisement

1812
Tentara Amerika Serikat (AS) mengalahkan pasukan Suku Miami, sebutan bagi penduduk asli Amerika yang tinggal di wilayah Jalapa, India. Pertempuran itu merupakan balasan dari tentara AS lantaran sebelumnya terjadi serangan di Fort Wayne dan Fort Harrison, Indiana oleh para penduduk asli Amerika.

1820
Ludwig van Beethoven lahir di Bonn, Elektorat Cologne, wilayah yang kini menjadi milik Jerman. Namanya kemudian dikenal luas sebagai komponis yang telah melahirkan karya-karya luar biasa. Beethoven meninggal dunia pada usia 56 tahun di Wina, Kekaisaran Austria.

Lukisan karya B. Green yang menggambarkan kebakaran di Istana Musim Dingin, Saint Petersburg, Rusia, 1837. (Wikimedia.org)

Advertisement

1935
Pesawat buatan Douglas Aircraft Company, Douglas DC-3, untuk kali pertama diterbangkan. Pesawat penumpang yang dianggap legendaris ini merupakan pesawat yang paling banyak digunakan pada masa Perang Dunia II, Perang Korea, dan Perang Vietnam.

1941
Pasukan Jerman mulai melakukan serangan besar-besaran ke Kota Sevastopol, Ukraina demi merebutnya dari Uni Soviet. Pasukan Jerman sebenarnya sudah mengepung kota tersebut sejak Oktober, namun belum ada serangan berarti. Pengepungan Kota Sevastopol berakhir pada 4 Juli 1942 dan Jerman berhasil merebutnya dari Uni Soviet.

Jasad tentara AS yang dibantai pasukan Jerman di Malmedy, Belgia, 1944. (Wikimedia.org)

Advertisement

1944
Sebanyak 84 tentara Amerika Serikat (AS) yang ditangkap pasukan Jerman di Malmedy, Belgia dibunuh dengan cara ditembak. Peristiwa di masa Perang Dunia II itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Malmedy.

1961
India berhasil merebut Goa dari kekuasaan Portugal. Sebelumnya, wilayah tersebut telah dikuasai Portugal sejak 1510. Hingga kini, Goa masih menjadi wilayah kekuasaan India.

Kim Jong-il. (mirror.co.uk)

Advertisement

2011
Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-il, meninggal dunia pada usia 70 tahun di Pyongyang, Korut. Semasa hidupnya, Kim Jong-il merupakan pemimpin Korea sejak 1994 menggantikan ayahnya, Kim Il-sung yang meninggal meninggal dunia pada tahun yang sama. Kim Jong-il lantas digantikan putranya, Kim Jong-un, yang memimpin Korut hingga kini.

2014
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro mengumumkan bahwa negara mereka telah kembali menjalin hubungan diplomatik. Sebelumnya, AS memutuskan hubnungan diplomatik dengan Kuba pada 1961 seiring memanasnya Perang Dingin. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Desember

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif