Sport
Sabtu, 16 Desember 2017 - 09:30 WIB

LIGA INGGRIS : Pemain Tottenham Tak Ada yang Iri dengan Walker

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kyle Walker (REUTERS/Harrison McClary)

Liga Inggris akan menyajikan duel Manchester City vs Tottenham Hotspur.

Solopos.com, MANCHESTER — Tottenham Hotspur tak bisa mencegah kepergian Kyle Walker ke Manchester City pada musim panas lalu.

Advertisement

Walker memilih meninggalkan Tottenham  setelah City bersedia menebusnya dengan banderol 53 juta poundsterling (Rp963 miliar) untuk menjadikannya salah satu bek termahal di dunia. Selain itu, Walker juga mendapat gaji senilai 130.000 (Rp2,3 miliar) per pekan. Gaji Walker tersebut nyaris dua kali lipat lebih banyak ketimbang gaji bek-bek Tottenham.

Namun, bek Tottenham, Danny Rose, mengaku apa yang diterima Walker di City tidak membuatnya cemburu. Para pemain Tottenham pun bakal membuktikan bahwa uang bukan segalanya ketika mereka beruni dengan Walker bersama City di Stadion Etihad, Manchester,  Minggu (17/12/2017) pukul 00.30 WIB.

“Tidak ada rasa iri. Kyle sudah memutuskan hijrah dan dia mendapat apa yang layak didapatnya. Dalam dua hingga tahun terakhir, dia menjadi bek kanan terbaik di Liga Premier. Umpan-umpannya dan performanya sudah membuktikan itu. Jadi saya harap dia beruntung di setiap laga, termasuk ketika dia bermain melawan kami,” jelas Rose, seperti dilansir thesun.co.uk, Jumat (15/12/2017).

Advertisement

Dari teman menjadi lawan. Begitulah pemain Tottenham menganggap Walker pada duel di Etihad nanti. Walker menjadi salah satu bagian penting City di bawah arahan pelatih Josep “Pep” Guardiola yang menorehkan rekor 15 kemenangan beruntun di Liga Premier.

Walker bukan hanya membantu pertahanan City semakin tangguh dengan mencatat rata-rata 2,1 clearance per laga dan 1,5 tekel per pertandingan. Bek berusia 27 tahun itu juga membantu serangan City dengan sokongan empat assist di Liga Premier musim ini. Maka sudah tentu para pemain Tottenham harus mematikan pergerakan mantan rekan setimnya itu.

“Tentu sangat menyenangkan bisa bertemu dia dan bermain melewannya. Dia adalah musuh untuk pekan ini. Tidak ada basa-basi sampai pertandingan berakhir,” ujar Rose kepada ESPN.

Advertisement

Sebagai bek kiri, Walker besar kemungkinan akan mengalami head-to-head melawan Rose yang berposisi sebagai bek kanan. Namun, Manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, kemungkinan besar lebih memilih memainkan Ben Davies ketimbang Rose sebagai starter di pos bek kanan itu.

Sebagai full-back, Davies tak kalah impresif membantu serangan timnya. Dia membukukan dua gol dan tiga assist untuk Spurs. Peran full-back dan winger dari City dan Tottenham memang cukup besar dalam membantu serangan tim masing-masing di Liga Premier musim ini.

Hal itu bisa dilihat dari sebagai gol-gol City maupun Tottenham berawal dari assist bek sayap atau winger. Maka tak ayal, siapa yang paling cepat dan cerdas menyisir pinggir lapangan Etihad yang bakal memenangi duel City melawan Spurs.

Bek Manchester United yang kini menjadi pundit Sky Sports, Phil Neville, mengatakan Walker semakin gemilang sejak pindah dari Spurs ke City. “Kyle Walker hengkang dari Tottenham, dan semua orang berpikir Pochettino pelatih hebat. Walker sebenarnya mengakami kemajuan sehak dia pergi ke Manchester City,” jelas Neville, seperti dilansir Sky Sports.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif