News
Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penandatanganan gencatan senjata antara Pakistan, India, dan Bangladesh yang mengakhiri Perang Kemerdekaan Bangladesh dan Perang India-Pakistan, 1971. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 16 Desember dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang layak dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Desember. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Desember, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

1598
Pasukan Korea yang dibantu pasukan Dinasti Ming berhasil mengalahkan pasukan Jepang dalam pertempuran di Selat Noryang dekat Pulau Namhaedo. Pertempuran itu sekaligus mengakhiri invasi Jepang di Korea yang berlangsung sekitar tujuh tahun.

Litografi yang menggambarkan Pesta Teh Boston, 1773. (Wikimedia.org)

Advertisement

Litografi yang menggambarkan Pesta Teh Boston, 1773. (Wikimedia.org)

1773
Orang-orang di Pelabuhan Boston, Amerika, melakukan aksi protes terhadap pemerintah kolonial Inggris dengan membuang teh dalam jumlah banyak di perairan setempat. Hal itu dipicu kebijakan Inggris yang mewajibkan orang-orang Amerika membayar pajak untuk setiap teh yang dibeli dari Inggris. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Pesta Teh Boston.

1838
Pasukan Voortrekkers berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Zulu dalam pertempuran di dekat Sungai Darah, Kwazulu-Natal, Afrika Selatan. Dalam pertempuran itu, lebih dari 3.000 tentara Zulu tewas, sedangkan dari kubu Voortrekkers tak ada yang tewas, hanya tiga tentaranya mengalami luka-luka.

Advertisement

Lukisan karya Vasileios Hatzis yang menggambarkan Pertempuran Elli, 1912. (Wikimedia.org)

1912
Pasukan Angkatan Laut Kerajaan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Elli di dekat Dardanelles, Turki. Pertempuran Elli merupakan pertempuran antar-angkatan laut terbesar di masa Perang Balkan.

1914
Pasukan Angkatan Laut Jerman menyerang tiga pelabuhan di Inggris, yakni di Scarborough, Hartlepool, dan Whitby. Serangan itu menewaskan 137 orang yang kebanyakan merupakan warga sipil dan merusak satu kapal penjelajah dan tiga kapal penghancur milik Inggris. Sedangkan Jerman hanya mengalami kerugian berupa tiga kapal penghancur yang rusak.

Advertisement

1941
Pasukan Jepang mendarat di Kota Miri, Sarawak, wilayah yang kini menjadi kekuasaan Malaysia. Sekitar 10.000 tentara Jepang yang lantas melakukan serangan kemudian berhasil mencaplok wilayah tersebut dari pasukan Sekutu.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman di wilayah Wallonia di Belgia, Ardennes di Prancis, serta Luksemburg. Serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung hingga 25 Januari 1945. Pasukan AS yang mengerahkan 610.000 tentaranya harus kehilangan 19.000 orang yang tewas, sedangkan Jerman yang mengerahkan 200.000 tentara kehilangan 68.000 orang. Pertempuran tersebut berkahir dengan kemenangan AS.

1971
Perang India-Pakistan dan Perang Kemerdekaan Bangladesh berakhir dengan menyerahnya Pakistan kepada India dan Bangladesh. Atas hasil itu, Bangladesh yang sebelumnya merupakan wilayah kekuasaan Pakistan secara resmi menjadi negara merdeka.

Advertisement

1991
Kazakhstan secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sebelumnya, negara tersebut menjadi bagian dari Uni Soviet sejak 1920. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Desember

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif