News
Kamis, 14 Desember 2017 - 17:15 WIB

TAHUKAH ANDA? : Tajik, Etnis Minoritas di China dengan Penduduk Cantik & Tampan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perempuan-perempuan Tajik di Tashgurkhan (Viral4Real)

Etnis Tajik mewarisi ras kaukasoid sehingga penampakan mereka cenderung mirip orang Eropa.

Solopos.com, XINJIANG – China merupakan negara yang memiliki penduduk beragam. Negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu tercatat menjadi tempat tinggal 56 etnis. Salah satunya Tajik China yang disebut sebagai etnis dengan penduduk cantik dan tampan.

Advertisement

Grup etnis Tajik tinggal di Provinsi Xinjiang Uygur, China. Provinsi tersebut merupakan rumah bagi delapan grup etnis dan Tajik merupakan salah satu paling minoritas. Grup etnis ini tinggal di Kota Tashgurkan. Kota tersebut berada di 3.090 meter di atas permukaan laut, berbatasan langsung dengan Afghanistan dan Tajikistan, serta berdekatan dengan perbatasan Kyrgyztan dan Pakistan.

Laman People.cn mencatat grup etnis Tajik hanya memiliki populasi kurang lebih 33.000 jiwa, hal itu sangat kecil jika dibandingkan dengan populasi Provinsi Xinjiang pada 2010 yang tercatat di angka 21 juta. Meski demikian, warga Tajik merupakan salah satu grup etnis yang paling populer.

Perempuan Tajik China di Xinjiang (Chinatoday)

Advertisement

Tak seperti etnis lain yang masih kental ciri-ciri keturunan Asia, Tajik mirip dengan keturunan Kaukasia dengan kulit cerah. Tak hanya itu, hampir semua keturunan Tajik memiliki mata lebar yang kadang berwarna biru atau hijau. Dari rambut, Etnis Tajik cenderung memiliki rambut lurus.

Laman Viral4Real menyebut perempuan-perempuan Tajik bisa menyaingi kecantikan para model hingga pemenang kontes kecantikan. Tak hanya perempuan, para laki-laki Tajik juga memiliki kulit cerah serta mata lebar.

Etnis Tajik berbicara dengan bahasa Sarikoli, sebuah bahasa minoritas asal Tajikistan. Meski demikian, tempat tinggal membuat Etnis Tajik mampu berbahasa Uygur, Kirgiz, hingga bahasa Mandarin.

Advertisement

People.cn mencatat Islam sebagai agama mayoritas di Etnis Tajik China. Dalam hal pernikahan, perempuan Tajik tidak diperbolehkan menikah dengan pria non-Tajik, sedangkan pria Tajik diperbolehkan menikah dengan perempuan Etnis lain. Pernikahan sekali seumur hidup menjadi hal suci bagi Etnis Tajik, sedangkan perceraian adalah hal memalukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif