JIBIPhoto
Ilustrasi cross trainer (Boldsky)

INFO HIDUP SEHAT
Awas! 3 Alat Olahraga Ini Jadi Sarang Bakteri

Info hidup sehat kali ini tentang tiga jenis alat olahraga yang menjadi sarang bakteri.

Solopos.com, SOLO – Berolahraga di pusat kebugaran menjadi salah satu kebiasaan kaum urban di zaman modern. Anda bisa melakukan latihan kebugaran kapan saja tanpa perlu khawatir terkena sengatan matahari atau hujan.

Bahkan, sejumlah orang beranggapan berolahraga di pusat kebugaran lebih ampuh membakar lemak di tubuh. Selain itu, berbagai alat yang tersedia di pusat kebugaran ini sangat membantu membentuk otot. Tak ayal, banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di tempat tersebut.

Tapi, tahukah Anda jika pusat kebugaran ini dipenuhi bakteri? Beberapa hasil penelitian menyebutkan peralatan yang dipakai di pusat kebugaran merupakan sarang bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Itulah sebabnya Anda harus sangat menjaga kebersihan tubuh di pusat kebugaran. Anda tentu tidak mau terserang penyakit hanya karena mengabaikan kebersihan bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya cucilah tangan sebelum dan sesudah memakai peralatan olahraga tersebut. Mau tahu, alat apa saja yang menjadi sarang bakteri? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Minggu (10/12/2017), di bawah ini:

Treadmill

Salah satu alat yang paling banyak dipakai di pusat kebugaran adalah treadmill. Cara pakai alat ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu berlari di alas treadmill dengan kecepatan yang diinginkan. Saat berlari, suhu tubuh akan meningkat yang membuat produksi keringat bertambah. Keringat itu terkadang menetes ke mesin tanpa disadari. Inilah yang membuat bakteri berkembang biak. Jika tidak dibersihkan, jumlah bakteri akan terus bertambah dan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya pneumonia.

Barbel

Barbel merupakan peralatan olahraga yang menjadi sarang bakteri. Saat mengangkat barbel, biasanya tangan akan berkeringat. Keringat dari tangan ini akan menyebar ke barbel dan menjadikannya sarang bakteri. Sebaiknya, cucilah tangan sebelum memakai barbel. Setelah itu, usap barbel yang hendak dipakai dengan tisu bersih.

Cross trainer

Sama seperti barbel, tangan juga cenderung berkeringat saat berolahraga di cross trainer. Keringat di tangan bakal menyebar ke pegangan cross trainer dan menjadikannya sarang bakteri. Guna meminimalkan paparan bakteri, sebaiknya pakailah sarung tangan bersih saat memakai alat tersebut.

Itulah beberapa alat olahraga yang sering menjadi sarang bakteri. Selain peralatan, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tubuh. Jangan pernah menyentuh wajah jika tangan Anda dalam kondisi berkeringat. Tangan yang berkeringat mengandung berbagai bakteri yang menimbulkan masalah kulit dan penyakit lainnya.

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Komentar

Menarik Lainnya

JIBIPhoto

Sulit Tidur Malam? Coba Tulis Rencana Anda Esok Hari

JIBIPhoto

TIPS HIDUP SEHAT
Ssst... Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda ala David Beckham

JIBIPhoto

HASIL PENELITIAN
Pekerja Shift Malam Berisiko Tinggi Terkena Kanker

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Deteksi Dini Stroke dengan DSA di RS Indriati Solo Baru

JIBIPhoto

TIPS KESEHATAN
Kentut Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia

JIBIPhoto

TIPS DIET
5 Langkah Turunkan Berat Badan Tanpa Ribet

JIBIPhoto

TIPS HIDUP SEHAT
Cara Bersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud