News
Sabtu, 9 Desember 2017 - 11:00 WIB

Gunung Agung Bali Meletus 7 Kali dan Keluarkan Asap Kelabu

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga berkebun dengan latar belakang Gunung Agung menyemburkan asap bercampur abu vulkanis, di Sidemen, Karangasem, Bali, Jumat (8/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Gunung Agung Bali mengalami erupsi dan 10 jam terakhir meletus tujuh kali.

Solopos.com, KARANGASEM — Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi I Gede Suantika menyatakan Gunung Agung Bali meletus tujuh kali dan mengeluarkan asap kelabu beserta butiran debu dalam sekitar 10 jam terakhir.

Advertisement

Letusan abu vulkanis Gunung Agung Bali sampai ke tanah dalam waktu sekitar satu jam dan hanya mengenai Desa Tianyar dan Desa Kubu, yang berada di lereng utara gunung berapi berketinggian 3.031 mdpl itu.

“Letusan ini mengarah ke barat laut dan sejak 8-9 Desember 2017 ini Gunung Agung masih mengalami erupsi efusif yang berlangsung secara sporadis,” katanya saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Sabtu (9/12/2017).

I Gede Suantika menambahkan Gunung Agung Bali empat kali mengeluarkan asap berwarna putih sejak pukul 00.01 hingga 10.00 Wita. Abu vulkanis yang keluar dari Gunung Agung menurut pantauan alat PVMBG saat ini tingginya 1.000 hingga 2.000 meter dari atas puncak.

Advertisement

Suantika menerangkan hal itu mengindikasikan kawah belum penuh karena debit lava yang keluar mengisi kawah tidak terlalu banyak. Namun dibandingkan pada 25-29 November 2017, menurut dia, produksi sekarang ini justru lebih cepat.

I Gede Suantika menegaskan setiap malam tim terus memantau sinar api di puncak gunung yang menandai terjadinya erupsi efusif. “Ini tergantung bagaimana suplai magma, apakah berlangsung tekanan besar dengan cara yang cepat atau sebaliknya,” katanya.

Aktivitas kegempaan Gunung Agung terus dipantau dan hingga saat ini status gunung api itu masuk level IV (awas).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif