Teknologi
Jumat, 8 Desember 2017 - 12:10 WIB

Qualcomm Jelaskan Keunggulan Prosesor Mutakhir Snapdragon 845

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Qualcomm Snapdragon. (Istimewa)

Snpadragon 845 akan memiliki arsitektur 10 nm yang sama dengan chipset pendahulunya.

Solopos.com, MAUI – Qualcomm baru-baru ini menggoda publik dengan chip smartphone andalannya. Kini chipset tersebut diumbar secara rinci oleh perusahaan.

Advertisement

Dilansir TechCrunch, Kamis (7/12/2017), dalam ajang Snapdragon Summit di Maui perusahaan memaparkan spesifikasi Snapdragon 845, yakni prosesor premium terbaru yang akan dirilis tahun 2018.

Snpadragon 845 akan memiliki arsitektur 10 nm yang sama dengan chipset pendahulunya. Meski begitu Qualcomm mengubah beberapa arsitektur demi menarik lebih banyak fokus pada pencitraan.

Wajar saja jika hal tersebut menjadi salah satu fokus Qualcomm karena kini banyak vendor yang mengedepankan fitur fotografi yang apik baik melalui kamera maupun untuk mendukung aplikasi AR dan VR.

Advertisement

Adalah Spectra 280 ISP dan Andreno 630 yang menjadi arsitektur terbaru dalam Snapdragon 845. Arsitektur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pengambilan foto maupun saat merekam video, termasuk kemampuannya untuk menangkap lebih banyak informasi warna high dynamic range serta playback pada display Ultra High-Def.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) turut menjadi fokus Snapdragon 845. Qualcomm menjanjikan beberapa keuntungan khususnya peningkatan kinerja hingga tiga kali dari keseluruhan kinerja AI pada SoC sebelumnya. Artinya, asisten pribadi dan hal lain yang berkaitan dengan AI akan berjalan dengan lebih baik.

Dari sisi keamanan, Snapdragon 845 mengusung subsistem yang terisolasi hardware yang disebut secure processing unit (SPU). Teknologi ini dirancang untuk perbaikan dalam proses otentikasi serta enkripsi.

Advertisement

Tak hanya itu, Snapdragon 845 juga menjanjikan penghematan energi baterai bahkan hingga 30% untuk fitur yang cukup menguras baterai seperti perekaman video serta game AR maupun VR.

Chipset baru Qualcomm ini sudah mulai didistribusikan ke produsen dan akan diluncurkan pada berbagai perangkat pada 2018.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif