News
Kamis, 7 Desember 2017 - 11:45 WIB

KISAH TRAGIS: Dua Rusa Mati, 2 Kg Sampah Plastik Ditemukan dalam Perut

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rusa. (Istimewa)

Bahwa rusa tersebut ditemukan mati oleh penjaga yang sehari-hari merawat hewan yang baru 3 bulan menempati kandang di Hutan Kota Rantau.

Solopos.com, TAPIN — Dua ekor rusa yang dipelihara Pemerintah Kabupaten Tapin di hutan Kota Rantau, Kalimantan Selatan, mati diduga akibat gangguan pencernaan karena banyak memakan yang tidak seharusnya seperti sampah plastik dan lainnya.

Advertisement

Dokter Hewan Triasmoro yang menangani rusa tersebut di Rantau Rabu mengatakan, rusa tersebut mati karena pencernaannya dipenuhi benda asing berupa plastik bungkus dan minuman.

“Setelah kami lakukan visum, ditemukan sekitar 2 kilogram plastik makanan dan minuman di dalam perut rusa tersebut,” katanya seperti dilansir Okezone, Rabu (6/12/2017).

Sebelumnya, tambah dia, hal yang sama juga terjadi pada rusa betina yang lebih dulu mati sekitar sepekan yang lalu. Pada rusa pencernaan rusak betina tersebut, juga banyak ditemukan benda asing berupa plastik dan lainnya.

Advertisement

“Sepekan lalu rusa betina juga mati dengan kondisi yang sama,” ujarnya lagi.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Wagimin mengatakan bahwa rusa tersebut ditemukan mati oleh penjaga yang sehari-hari merawat hewan yang baru 3 bulan menempati kandang di Hutan Kota Rantau.

“Rusa tersebut, pertama kali ditemukan mati oleh penjaganya saat ingin memberikan pakan pada pagi hari, namun sudah ditemukan tergeletak mati,” ujar Wagimin.

Advertisement

Menurut Wagimin, sejak tiga hari rusa jantan tersebut dilaporkan tidak mau makan selama tiga hari, sehingga pada minggu (3/12/2017) ia bersama dokter hewan memantau langsung kondisi hewan dengan nama ilmiah Cervidae tersebut.

“Sudah kita berikan penanganan pengobatan dengan memberi vitamin kepada rusa tersebut,” ujarnya lagi.

Wagimin pun menyayangkan aksi nakal masyarakat yang membuang sampah atau memberi makan si rusa dengan benda asing yang bisa membahayakan hidupnya.

“Bupati ingin Rusa tersebut sebagai hiburan bagi masyarakat, namun kesadaran masyarakat ternyata masih kurang dalam menjaga dan merawat khususnya lingkungan,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Tragis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif