Soloraya
Senin, 4 Desember 2017 - 18:15 WIB

WISATA SOLO : Asyik, Taman Lampion Jurug Dibuka 22 Desember 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lampion berbentuk burung merak terlihat di area Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (2/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Wisata Solo, pembukaan Taman Lampion di TSTJ Solo dimajukan.

Solopos.com, SOLO — Pembukaan Taman Lampion Jurug di kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo maju dari rencana semula menjadi 22 Desember mendatang. Sebelumnya, investor PT Cikal Bintang Bangsa Jakarta menargetkan wahana itu dibuka untuk umum pada libur Natal atau 25 Desember 2017.

Advertisement

Direktur Utama (Dirut) TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengungkapkan memang ada sedikit hambatan, khususnya dalam pembangunan dancing fountain. Namun, ia optimistis semua kendala bisa diselesaikan sehingga jadwal launching tetap 22 Desember mendatang.

“Manajemen Taman Lampion sendiri yang minta percepatan,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (4/12/2017). (baca: Investor Garap Taman Lampion dan Benahi Jalan di TSTJ)

Diberitakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dirut TSTJ dengan Direktur PT Cikal Bintang Bangsa Jakarta dilaksanakan di kompleks TSTJ pada awal Agustus lalu. Investasi itu akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap I senilai Rp15 miliar untuk menambah berbagai wahana wisata malam.

Advertisement

Sementara investasi tahap II senilai Rp30 miliar akan digelontorkan tahun depan untuk mengembangkan area komersial yang ditetapkan berada di sebelah selatan danau di taman satwa tersebut.Wahana baru bakal diberi nama Jurug Festival of Lights atau Taman Lampion Jurug Solo.

Pengembangan wahana mencakup taman lampion, air mancur menari (dancing fountain), festival makanan (food court, kafe dan coffee shop), aneka permainan, night floating market, dan rest area.

Bimo menjelaskan terdapat 13 paket pekerjaan yang digarap PT Cikal Bintang Bangsa Jakarta. Empat paket yaitu pembangunan jalan setapak arah pintu masuk, pembangunan jalan sekitar untuk wahana, pembangunan badan jalan dan pemasangan gerbang masuk, gerbang Cengho, gerbang burung, gerbang bunga, dekorasi bunga, instalasi lampion merak, lampion kuda dan lampion ayam selesai dikerjakan.

Advertisement

“Perbaikan lampion, pembangunan fondasi air mancur menari, permainan bom-bom car, komedi putar, pemasangan LED, pemasangan dekorasi lampu jalan koridor utama, penggung utama untuk menonton air mancur dan pembuatan food court sedang dalam proses penyelesaian,” tutur dia.

Direktur PT. Cikal Bintang Bangsa, Agung Riyadi, mengatakan optimistis wahana yang mereka bangun akan mendapat sambutan positif dari masyarakat Solo dan sekitarnya. Menurutnya, berbagai wahana termasuk air mancur menari yang mereka hadirkan adalah sesuatu yang baru dan menarik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif