Sport
Senin, 4 Desember 2017 - 08:25 WIB

Rio Haryanto Antusias Tampil di Super Formula

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Formula1.com)

Rio Haryanto bakal tampil untuk mengetes mobil Super Formula.

Solopos.com, SUZUKA — Rio Haryanto semakin mengukuhkan diri sebagai pembalap paling berpengalaman yang dimiliki Indonesia. Setelah diundang menguji mobil Formula E seusai berlaga di Formula 1, kali ini Rio mendapat kesempatan mengetes mobil Super Formula bersama Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang, Selasa-Kamis (5-7/12/2017)

Advertisement

Super Formula adalah kompetisi single-seater terbesar di Jepang dan punya sejarah panjang dengan berbagai reinkarnasi nama kejuaraan sejak 1973. Meski digelar di satu negara, Super Formula kerap menarik sejumlah pembalap dari berbagai penjuru dunia, termasuk mereka yang sedang berjuang menuju Formula 1.

Mulai musim 2014, semua peserta memakai sasis Dallara SF14 dengan mesin turbo 2 liter dan 4 silinder segaris. Mobil Super Formula pun mampu menghasilkan sekitar 550 tenaga kuda dan melampaui kecepatan 300 km/jam.

Rio Haryanto mengaku senang bisa kembali memacu mobil balap di lintasan. Dia menyebut kecepatan mobil Super Formula tidak jauh berbeda dengan mobil Formula 2 sehingga keduanya menjadi pilihan sejumlah pembalap sebelum berlaga di Formula 1. Pembalap asal Solo ini berterima kasih pada Honda yang telah memberinya kesempatan tampil di Suzuka.

Advertisement

“Sebelum berangkat ke Jepang, saya selalu menjaga kebugaran fisik termasuk memperkuat otot-otot leher, tangan, hingga kaki. Tes di Suzuka nanti akan menjadi bagian dari evaluasi program balap untuk musim depan,” ujarnya dilansir Motorsport, Minggu (3/12/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif