Sport
Selasa, 28 November 2017 - 07:10 WIB

Mencari Gregoria Mariska Baru di Wonogiri Lewat Turnamen

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para peserta Djarum Bupati Open 2017 bertanding di GOR Giri Mandala Wonogiri, Senin (27/11). (JIBI/Solopos/ Ahmad Wakid)

Pengkab PBSI Wonogiri mencari bibit-bibit muda baru.

Solopos.com, WONOGIRI – Pengurus Kabupaten Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Pengkab PBSI) Wonogiri menggelar turnamen bulu tangkis Djarum Bupati Open 2017 di GOR Giri Mandala Wonogiri, Senin-Jumat (27/11-1/12/2017). PBSI Wonogiri berharap melalui ajang tersebut menemukan ‘Gregoria Mariska’ lainnya.

Advertisement

Ketua Umum Pengkab PBSI Wonogiri, Sungkono, mengatakan Gregoria Mariska yang menjadi juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017, dulunya sering mewakili Wonogiri di kejuaraan antar daerah saat masih SD. Oleh karena itu, PBSI Wonogiri bakal memperbanyak turnamen bulu tangkis untuk menemukan atlet potensial sejak dini.

“Turnamen Djarum Bupati Open 2017 ini merupakan kejuaraan kali pertama yang kami selenggarakan sejak saya menjadi Ketua Umum PBSI Wonogiri selama dua periode,” ujarnya kepada Solopos.com di GOR Giri Mandala, Senin.

Sungkono mengungkapkan kejuaraan tersebut diikuti 427 atlet dari 45 klub atau daerah dari tiga provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kami sengaja mengadakan kejuaraan ini secara terbuka sehingga bisa diikuti oleh provinsi lain untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan mental atlet-atlet dari Wonogiri,” kata dia.

Advertisement

Menurutnya, terdapat empat kelompok umur (KU) yang dipertandingkan pada kejuaraan tersebut, yakni usia pra dini (KU-8), usia dini (KU-10), usia anak (KU-12), dan usia pemula (KU-14). Pemilihan kejuaraan di level junior diharapkan agar pembibitan yang dilakukan PBSI Wonogiri dan daerah lain bisa terpantau.

“Kegiatan ini sebagai evaluasi masing-masing klub dan daerah untuk mengetahui seberapa jauh pembinaan yang dilakukan. Jadi, ajang ini sebagai tolak ukur pembinaan selama ini,” imbuhnya.

Dia berharap melalui kejuaraan tersebut, muncul atlet-atlet yang kelak bisa mengharumkan nama negara di kancah kejuaraan Internasional seperti Gregoria Mariska. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada orang tua para peserta agar terus memberikan dorongan kepada anak-anak mereka agar memberikan kemampuan terbaiknya.

Advertisement

Dia juga menyoroti, fasilitas lapangan bulu tangkis yang tersebar di wilayah Wonogiri. Menurutnya, hampir setiap desa di Wonogiri sudah memiliki lapangan bulu tangkis. “Saya mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah memfasilitasi tempat sehingga acara ini berjalan lancar. Selain itu, lapangan bulutangkis di daerah juga banyak yang bagus,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif